Pantau Flash
Baznas Raih Penghargaan sebagai Lembaga Zakat Pelayanan Terbaik
Kemensos Klaim Seluruh Lokalisasi di Pulau Jawa Sudah Ditutup
Diwarnai Blunder Yanto Basna, Indonesia Kalah 0-2 dari Malaysia
MRT Bayar Listrik Rp12 Miliar Setiap Bulan
Pelebaran Trotoar di Cikini Korbankan Jalur Sepeda

Ini 5 Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes

Ini 5 Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes Ilustrasi buah-buahan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengatur pola makan mereka. Ada beberapa makanan yang dapat dimakan, namun mayoritas memiliki kadar gula yang tinggi, termasuk pada buah-buahan. 

Meski buah memiliki banyak manfaat kesehatan, penderita diabetes haru tetap waspada dalam mengonsumsi buah karena kandungan gula di dalamnya yang memiliki efek samping bagi pengidap diabetes.

Dikutip dari Boldsky, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan di bawah pengawasan dokter Anda, 5 buah-buahan ini dapat membantu untuk mengendalikan diabetes atau kadar gula.

1. Stroberi


Ilustrasi stroberi (Pixabay)

Buah ini sarat dengan vitamin, antioksidan, dan serat yang membantu mengontrol diabetes Anda. Selain itu, stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan rendah karbohidrat. Stroberi menjaga perut tetap penuh, membuat energik, dan membantu Anda menyeimbangkan kadar gula darah. Makan sekitar 3/4 cangkir stroberi setiap hari dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Baca juga: Bagi Penderita Diabetes, Lebih Baik Brown Sugar atau Gula Putih?

2. Jeruk


Ilustrasi jeruk (Pixabay)

Kaya akan serat, rendah gula, vitamin C, dan tiamin, mengkonsumsi jeruk akan membantu menjaga tingkat gula darah. Jeruk memiliki 87 persen kadar air dan memiliki indeks glikemik 44. Jeruk juga membantu untuk menjaga berat badan Anda di bawah kontrol.

3. Cherry


Ilustrasi cherry (Pixabay)

Dengan indeks glikemik yang rendah yaitu 22, buah ini kaya akan vitamin C, antioksidan, besi, beta-karoten, kalium, folat, magnesium, dan serat.

Cherry sangat bermanfaat untuk diabetes. Selain itu, cherry kaya akan anthocyanin yang diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin oleh 50 persen. 

Baca juga: Pengidap Diabetes Harus Pertimbangkan untuk Sarapan Susu Setiap Hari

4. Apel


Ilustrasi apel (Pixabay)

Buah apel memiliki kandungan vitamin C, serat larut, serta antioksidan. Apel yang memiliki indeks glikemik 35, dapat membantu Anda menjaga diabetes di bawah kontrol. Mereka juga mengandung pektin yang membantu untuk menghilangkan racun dari tubuh dan mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes sekitar 35 persen. 

5. Pir


Ilustrasi pir (Pixabay)

Memiliki 84 persen kandungan air; pir sangat kaya akan serat dan vitamin yang membantu untuk menjaga tingkat gula darah. Pir dianggap sangat bermanfaat untuk diabetes karena mereka membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan tingkat glikemik rendah 38.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: