Pantau Flash
New York Mulai Larang Penjualan Rokok Elektrik Bercita Rasa
UU Pemasyarakatan Beres, Napi Koruptor Bisa Mudah Bebas Bersyarat
Pesawat Twin Otter Hilang Kontak dalam Penerbangan dari Timika ke Ilaga
Hafiz/Gloria Terhenti di Babak Pertama China Open 2019
KTM: Posisi Johann Zarco Digantikan Mika Kallio hingga Akhir Musim

Ini Deretan Negara Islam yang Menindas Negara Islam di Timur Tengah

Ini Deretan Negara Islam yang Menindas Negara Islam di Timur Tengah Senjata perang di Yaman yang dipasok UEA. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Negera yang ada di timur tengah hampir 100 persen dihuni mayoritas umat muslim. Ya, seperti Arab Saudi, Mesir hingga Uni Emirat Arab tentu menjadi contoh. Dapat dikatakan, dengan adanya Liga Arab, membuat negara Islam semakin bersatu.

Namun nyatanya, tidak semuanya berjalan mulus. Ada juga beberapa negara Islam yang dianggap sebagai biang keladi kehancuran nega Islam lainnya. Kok bisa?

Diyakini terjadi karena negara Islam itu menjadi koalisi sempurna bagi negara barat dan eropa yang menginginkan perkembangan yang tepat.

Lalu negara mana saja yang pernah menindah negara Islam lainnya? Berikut Pantau.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arab Saudi


Arab Saudi. (Foto: Pixabay)

Negara yang menjadi tolak ukur negara Islam dalam berkembang ini sedikit menjadi agresif ketika menjadi koalisi utama Amerika Serikat. Di bawah arahan Putra Mahkota Mohamed bin Salman (Mbs), hubungan dengan Donald Trump semakin mesra.

Salah satu yang akan selalu diingat ketika MbS menyatakan jika Palestina harus menerima perundingan yang diajukan oleh Israel di bawah arahan Negeri Paman Sam. Ia juga memperlihatkan gesture dukungan penuh terhadap Israel dengan mengakui Yerusalem adalah Ibu Kota negera besitan Benjamin Netanyahu itu.

Teranyar adalah perang kemanusiaan di Yaman. Ribuan orang mati kelaparan. Arab Saudi dianggap sebagai aktor intelektual. Yaman telah dirongrong oleh kerusuhan sejak 2014, ketika kelompok Syiah Al-Houthi menguasai sebagian besar wilayah negeri tersebut. Krisis itu meningkat pada 2015, ketika koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan udara yang memporak-porandakan dengan tujuan membalikkan perolehan gerilyawan Al-Houthi.

Baca juga: Bukti Tunjukkan UEA Pasok Senjata Militer untuk Perang Yaman dari Australia

2. Mesir 


Mesir. (Foto: Pixabay)

Mesir juga dianggap sama denganrab Saudi. Presiden Al Sisi diangap mendompleng puncak hubungan Amerika serikat dan Israel. Ya imbalannya, Mesir mendukung seluruh kebijakan Negeri Paman Sam itu.

Mesir juga dianggap sebagai awal mula ketegangan di Timur Tengah sesama negara Arab.

3. Uni Emirat Arab


Uni Emirat Arab. (Foto: Reuters)

UEA juga mendukung Israel. Mereka setuju jika daerah Yerusalem Timur yang merupakan daerah suci Palestina dianggap sebagai Ibu Kota Israel. Negara arab itu juga sangat memberikan dukungan kepada Amerika Serikat dan Eropa.

Iran, Suriah adalah negara Islam yang dimusuhi oleh UEA. Dan bersama Arab Saudi, mereka juga memberi luka pada Yaman yang dianggap sebagai kejahatan kemanusiaan yang mengerikan.

Baca juga: Saudi Longgarkan Aturan Perempuan Bepergian Tanpa Pengawalan Laki-laki

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: