Pantau Flash
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri
Catat! Ada Denda Rp300 Ribu Jika Anda ‘Ngasal’ Kendarai GrabWheels
LAN: 37 Persen ASN Punya Latar Belakang Pendidikan Tak Sesuai Kompetensi
Saddil Ramdani Pamit dari Pahang FA

Ini Dia 4 Penyebab Rambut Rontok, Kamu Termasuk?

Headline
Ini Dia 4 Penyebab Rambut Rontok, Kamu Termasuk? Rambut Rontok. (Foto: iStock)

Pantau.com - Kehilangan beberapa helai rambut adalah sesuatu yang normal. Terkadang, rambut akan rontok dengan sendirinya. Namun kamu harus waspada jika rambut yang rontok terlalu sering dan banyak. Hal itu tentunya membuatmu khawatir. Ancaman kebotakan pasti menghantui kamu. 

Jika kamu mengalami masalah itu, tak usah panik. Ini empat hal yang mungkin terjadi pada tubuh kamu hingga mengalami kerontokan rambut:

Baca juga: Hindari Makan Tomat Bareng Makanan Mengandung Zat Besi Jika Tak Mau Rugi

1. Kurang protein

 Apa kamu sedang menjalani diet? Bisa jadi kemungkinan diet membuatmu kekurangan protein esensial. Protein membantu pertumbuhan rambut. Jika makanan yang kamu konsumsi tak memiliki protein yang cukup, maka rambutmu akan berhenti tumbuh dan berubah warna kemudian rontok.

Cobalah mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, termasuk biji-bijian dan kacang-kacangan, telur, produk susu seperti susu, keju, dan yogurt. Ikan dan produk dari unggas juga bagus untukmu.


2. Stres

Stres juga bisa membuat rambut kamu rontok, lho. Stres karena kehilangan pekerjaan, putus cinta, atau masalah ekonomi bisa membuat pikiran kamu kacau dan tak baik untuk rambut kamu.

Tapi kamu jangan khawatir, situasi ini tak permanen kok. Jika situasi pikiranmu sudah kembali normal, volume rambut kamu juga akan kembali seperti semula.

Baca juga: Kenali 4 Tanda Kekurangan Kalsium yang Bisa Sebabkan Kematian

3. Tak cocok dengan perawatan rambut

Kamu mungkin menggunakan produk-produk yang tak cocok dengan kondisi rambut kamu, Bahan-bahan kimia pelurus rambut, menggunakan hairdryer bisa merusak folikel hingga meningkatkan risiko kerontokan.


4. Kurang zat besi

Jika kamu kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, maka kamu berisiko mengalami kerontokan. Perbanyaklah memakan sayuran berdaun hijau gelap, cokelat hitam, kacang kedelai, lentil, tahu, dan daging. 

Wanita berusia 19-50 tahun harus mengonsumsi 18 mg zat besi setiap hari, lho.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH
Category
Ragam

Berita Terkait: