Pantau Flash
Kevin/Marcus Tantang Hendra/Ahsan di Final Indonesia Open 2019
Hendra/Ahsan Melangkah ke Final Indonesia Open 2019
Polisi Kembangkan Kasus Sabu Nunung hingga Luar Kota
Kongres Luar Biasa PSSI Digelar di Ancol 27 Juli 2019
Duterte Sebut HAM PBB Bodoh

Jangan Anggap Kampungan, Produsen Sepeda Mulai Berinovasi Nih

Jangan Anggap Kampungan, Produsen Sepeda Mulai Berinovasi Nih Sepeda listrik (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Sepeda yang mungkin kerap dianggap zadul alias zaman dulu rupanya mulai berinovasi. Tak hanya motor dan mobil yang bertranspormasi jadi kendaraan listrik.

Industri sepeda juga telah menemukan kekuatan yang mendorong keuntungan baru dalam memproduksi sepeda listrik, menjelajahi ceruk pasar, dan meningkatkan level penghubung jaringan dan cerdas, Economic Daily melaporkan Senin (13/5/2019).

Ketika perusahaan sewa sepeda China mengalami periode boom dan penurunan pada tahun 2017 dan 2018, banyak perusahaan sepeda di negara itu telah menemukan potensi keuntungan baru dengan memproduksi sepeda elektronik.

Baca juga: Tak Gentar Diancaman Trump, China Malah Siapkan Tarif Dagang Balasan

Statistik menunjukkan output sepeda yang dibagikan adalah 5 juta pada tahun 2018, seperempat dari tahun 2017, sementara output dari sepeda elektronik mencapai 32,78 juta pada tahun 2018, naik 5,8 persen tahun-ke-tahun, menurut laporan itu.

Memanfaatkan permintaan yang terus meningkat, pengembangan e-sepeda mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat. Pada kuartal pertama tahun ini, tingkat pertumbuhan laba mencapai 28,7 persen untuk perusahaan e-sepeda di atas ukuran yang ditentukan dalam industri, yang merujuk pada mereka yang memiliki pendapatan bisnis utama tahunan 20 juta yuan ($ 2,98 juta) atau lebih.

Beberapa perusahaan menemukan ceruk pasar di industri dengan memproduksi sepeda khusus untuk kesehatan, olahraga, dan gaya hidup perkotaan yang lambat.

Pembuat sepeda Shanghai Century Enterprise (Group) Co Ltd dan Tianjin Flying Pigeon Cycle Development Co sedang bertransformasi untuk menghasilkan sepeda olahraga dan rekreasi berdasarkan pertumbuhan cepat untuk jenis produk ini.

Output dari sepeda dengan harga di atas 1.000 yuan memperlihatkan peningkatan 18,5 persen tahun-ke-tahun menjadi 8,43 juta tahun lalu, naik 10,5 poin persentase dari tahun sebelumnya dan terhitung sekitar 11,5 persen dari total.

Baca juga: Ditinggal 'Si Ibu Kota', Jakarta Hanya Kehilangan 1 Juta Penduduk

Perusahaan lain termasuk Bike8, Onelap dan Incolor terus memproduksi sepeda yang inovatif dengan meningkatkan tingkat kecerdasan dan jaringan yang menghubungkan produk mereka.

Teknologi inti perusahaan adalah menghasilkan setang sepeda yang beragam sesuai dengan ergonomi untuk menghindari cedera olahraga, kata Xu Weiyao, wakil manajer umum departemen bisnis HL Corp (Shenzhen), sebuah perusahaan yang memproduksi bagian-bagian sepeda.

Ekspor komponen sepeda China meningkat menjadi USD2,72 miliar pada 2018, naik 13,9 persen tahun-ke-tahun, tingkat pertumbuhan terbesar sejak 2014, kata laporan itu.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: