Forgot Password Register

Jelang Pertemuan dengan Putin, Trump Serang Rusia (Lagi)

Jelang Pertemuan dengan Putin, Trump Serang Rusia (Lagi) Presiden AS Donald Trump bersama Melania. (Foto: Reuters/Jonathan Ersnt)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuduh Jerman menjadi "tawanan" Rusia saat para pemimpin Barat berkumpul di Brussels untuk pertemuan puncak NATO, Rabu (11/7/2018). 

Dalam pernyataan publik yang mengejutkan, Trump mengatakan kepada Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, bahwa Jerman salah mendukung saluran pipa Laut Baltik baru senilai USD11 miliar demi mengimpor gas Rusia.

"Kami seharusnya mengawal Rusia dan Jerman keluar dan membayar miliaran dolar per tahun ke Rusia," kata Trump di hadapan para wartawan pada pertemuan pra-pertemuan puncak di kediaman duta besar AS untuk Belgia.

Baca juga: WNI Terkena Dampak Kebijakan Imigrasi Trump, Kemenlu Pasang Badan

Komentarnya tersebut tampaknya secara substansial melebih-lebihkan ketergantungan Jerman pada energi Rusia, dan menyiratkan pemerintah Jerman mendanai proyek pipa, yang merupakan usaha komersial.

Setelah pertemuan puncak dua hari di Brussels, Trump akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Helsinki pada Senin.

Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen membalas dengan segera: "Kami memiliki banyak masalah dengan Rusia, pasti," katanya kepada wartawan dalam bahasa Inggris. "Di sisi lain, Anda harus menjaga jalur komunikasi antara negara atau aliansi dan lawan tanpa keraguan," tambahnya.

Stoltenberg kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa Trump telah menggunakan "bahasa yang sangat lugas," tetapi semua sekutu NATO setuju bahwa biaya pembelanjaan pertahanan harus disebar dan bahwa tahun lalu telah memperlihatkan peningkatan terbesar dalam satu generasi.

Baca juga: Begini Pernyataan Tak Terduga PBB Setelah Kunjungi Korea Utara

Share :
Komentar :

Terkait

Read More