Forgot Password Register

Kasus Meikarta: Periksa Anggota DPRD Bekasi, Ini yang Didalami KPK

Kasus Meikarta: Periksa Anggota DPRD Bekasi, Ini yang Didalami KPK Pembangunan Meikarta (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

Pantau.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa satu orang anggota DPRD Kabupaten Bekasi Sulaeman terkait perkara suap pembangunan Meikarta di Cikarang, Jawa Barat. Dalam pemeriksaan itu KPK mendalami terkait pembahasan perencanaan tata ruang yang menjadi ruang lingkup pembahasan di DPRD Pemkab Bekasi. 

"Kami perlu mendalami lebih jauh sejauh mana pembahasan perencanaan tata ruang yang dibahas di DPRD Bekasi saat itu," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (15/11/2018). 

Baca juga: Berkas Dilimpahkan ke Kejaksaan, Gubernur Aceh Segera Jalani Persidangan

"Untuk wilayah yang sangat luas pembangunan dan perizinan untuk wilayah yang sangat luas itu diduga perlu melakukan revisi peraturan daerah terlebih dahulu dan tentu saja hal tersebut membutuhkan otoritas atau kewenangan dari DPRD di Bekasi," tambahnya. 

Menurut Febri, pembangunan proyek Meikarta yang rencananya dilakukan di lahan seluas 774 hektare itu belum sampai pada tahap revisi peraturan daerah. Namun proses izin disebut sudah didapat pihak Lippo dan pembangunan juga telah mulai dilakukan. 

Baca juga: KPK Kantongi Nama Pelaku Pembuat Tanggal Mundur Perizinan Proyek Meikarta

"Kita tahu sampai saat ini hal tersebut belum ada. Tapi di sisi lain perizinannya sudah dikeluarkan dan pembangunan sudah dilakukan, jadi kami perlu dalami hal tersebut," ucapnya. 

Febri menyebut ada beberapa pihak yang sebenarnya terlibat pada perkara suap perizinan Meikarta itu. Salah satunya pejabat Pemkab Bekasi. 

"Pihak Pemkab ini ada proses rekomendasi namanya yang kemudian berujung pada IMB, pihak pemprov juga demikian ada proses rekomendasi yang juga didalami," pungkasnya.  

Share :
Komentar :

Terkait

Read More