Pantau Flash
Catat! Ini Janji Menko Luhut Soal Solusi Masalah Sawit Indonesia
Menlu Iran: AS Tak Bisa Bikin Teluk Persia Kacau
Dari 20 Nama 4 Anggota Polri Lolos Profile Assessment Jadi Capim KPK
Dirut Jasa Marga Dukung Pemindahan Ibu Kota: Tol di Kalimantan Sudah Ada
Kapolsek Sukajadi Diperiksa karena Diduga Kirim Miras ke Mahasiswa Papua

Keponakan Prabowo Klaim Tak Tahu Dirinya Masuk di Daftar Penggugat Gerindra

Keponakan Prabowo Klaim Tak Tahu Dirinya Masuk di Daftar Penggugat Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Sebanyak 14 kader yang juga sebagai calon anggota legislatif dari Partai Gerindra pada Pemilu 2019 mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 14 kader Partai Gerindra itu menggugat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yakni Prabowo Subianto.

Dari 14 caleg yang menggugat tersebut diantaranya ada nama Mulan Jameela dan juga keponakan Prabowo Subianto yakni Rahayu Saraswati Djojohadikusomo.

Namun, Saras sapaan akrab keponakan Prabowo mengaku bahwa dirinya langsung menarik diri dari daftar penggugat ketika permohonan diajukan ke pengadilan. Sebab dirinya tidak pernah menyetujui pengajuan sengketa perdata terhadap partainya sendiri ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Baca juga: Gugatan Mulan Jamelaa Cs Masuki Sidang Replik, Gerindra Upayakan Mediasi

Saras mengaku dirinya baru mengetahui bahwa namanya masuk ke daftar penggugat di PN Jakarta Selatan setelah ramai diberitakan media massa. Adapun ia menegaskan, ia hanya memperkarakan terkait persoalan Pileg di Mahkamah Konstitusi (MK) saja.

"Saya tidak pernah menyetujui pengajuan gugatan pada PN. Maka gugatan ini telah ditarik sejak tanggal 15 Juli. Untuk apa saya ajukan gugatan ke partai sendiri?" ujar Saras saat dihubungi, Rabu (17/7/2019).

Sebelumnya, Kepala Humas PN Jaksel, Achmad Guntur mengatakan sidang gugatan perdata tersebut telah digelar sejak 10 Juli 2019 lalu dengan agenda pembacaan gugatan dan jawaban. Agenda sidang hari ini adalah replik (respon penggugat atas jawaban tergugat).

"Karena ini cepat, pada tanggal 10 (Juli) pembacaan gugatan dan jawaban, kemudian ditunda untuk replik (pada) Rabu 17 Juli. Silahkan diikuti," kata Achmad kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).

Baca juga: Mulan Jameela dan 13 Caleg Lain Gugat Prabowo, Ini Respons Gerindra

Gugatan perdata 14 caleg Partai Gerindra itu terdaftar dengan nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL terkait penetapan calon legislatif terpilih. Dari 14 caleg tersebut diantaranya ada nama Mulan Jamelaa dan Keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Adapun Waketum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberikan tanggapannya terkait adanya gugatan tersebut. Dasco menyebut, gugatan yang dilayangkan secara perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Salatan itu bukan tekait dengan perbuatan melawan hukum.

Menurut Dasco, dalam gugatan 14 caleg termasuk Mulan dan Saras mendesak agar DPP Gerindra memiliki hak untuk menetap mereka menjadi anggota legislatif terpilih. Kendati begitu, saat ini Dasco mengaku bahwa pihaknya mencari jalan penyelesaian dengan cara mediasi.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: