Pantau Flash
KPK Kembali Agendakan Pemeriksaan Soekarwo Pekan Depan
Kantongi USD102 Miliar, Huawei Duduki Posisi 1 dari 500 Perusahaan China
Produsen Korsel Sudah Incar Lokasi Untuk Pabrik Mobil Listrik di Karawang
The Daddies Melenggang ke Perempatfinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019
Ketua DPRD DKI: 31 Agustus Batas Terakhir Pemprov Urusi Pencari Suaka

Kesepakatan Perdamaian Israel-Palestina, Trump Terima Draft 'Deal of the Century'

Kesepakatan Perdamaian Israel-Palestina, Trump Terima Draft 'Deal of the Century' Warga tengah mengangkat bendera Palestina. (Foto: Reuters/Ammar Awad)

Pantau.com - Presiden AS Donald Trump menerima salinan draft administrasi perdamaian Israel-Palestina "Deal of the Century" setebal 200 halaman. 

Melansir Sputnik, Selasa (12/2/2019), Presiden AS juga telah diberi pengarahan oleh Duta Besar AS untuk Israel David Friedman, Penasihat Senior dan menantu Jared Kushner serta utusan khusus untuk perdamaian Timur Tengah Jason Greenblatt beberapa kali mengenai spesifikasi kesepakatan.

Menurut sumber itu, Kushner diagendakan untuk mengunjungi Warsawa guna menghadiri pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat dan Polandia untuk membahas masalah regional mengenai Timur Tengah.

Baca juga: Dihadang Pasukan Israel, Pejabat Palestina Gagal Hadir dalam Pertemuan Dewan

Kushner juga diperkirakan akan melakukan perjalanan dengan Greenblatt ke lima negara Teluk untuk membahas secara spesifik soal kesepakatan damai pemerintahan Israel-Palestina.

"Kami tidak akan melakukan apa pun yang mengancam keamanan Israel," kata seorang pejabat senior pemerintahan.

Baca juga: Saat Palestina 'Kangkangi' Kesepakatan Abadi yang Digaungkan Amerika

Otonomi Palestina telah menolak upaya sebelumnya oleh AS untuk sendirian merundingkan perjanjian damai dengan Israel menyusul keputusan Trump pada Desember 2017 untuk memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem dan mengakui seluruh kota sebagai ibukota Israel.

Keputusan Trump juga meningkatkan ketegangan antara Otoritas Palestina dan Israel dan menyebabkan bentrokan besar-besaran di perbatasan Israel dengan Jalur Gaza. Namun, pada September 2018 Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan bahwa rencana perdamaian yang ditunggu-tunggu pemerintahan Trump untuk Israel dan Palestina akan segera selesai.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: