Forgot Password Register

Headlines

Ketua MPR Sebut Indonesia Alami Kemunduran Jika Masih Ributkan Soal Agama

Ketua MPR Sebut Indonesia Alami Kemunduran Jika Masih Ributkan Soal Agama Ketua MPR Zulkifli Hasan. (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan Bangsa Indonesia mengalami kemunduran jika masih terjadi keributan soal perbedaan Ras, Suku, dan Agama. Menurut Zulkifli persoalan itu sudah selesai bahkan sebelum para tokoh bangsa menyatakan Kemerdekaan Indonesia. 

"Tanggal 1 Juni '45 Bung Karno sudah bicara pancasila. Tahun' 45 tokoh Indonesia Yamin, Agus Salim sudah bicara soal demokrasi. Sudah bicara kemanusiaan yang adil beradab. Tidak ditanya lagi dari mana suku, agama. Jadi kalau sekarang ribut lagi soal agama itu namanya mundur," kata Zulkifli saat menghadiri penutupan Kongres Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (PAKIN) di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta Pusat, Selasa (11/9/2018). 

Baca juga: Andi Arief Soal Polemik Demokrat: Perintah SBY Sudah Jelas 2 Kaki

Ia menambahkan, bangsa Indonesia lahir sebagai suatu bentuk kesepakatan, yang mengakui bahwa adanya keberagaman. Kemudian, menjadikan Pancasila sebagai konstitusi bangsa. 

"Kalau kita sederhanakan Pancasila merupakan perilaku. Karena Pancasila pandangan hidup yang harus dipegang oleh masyarakat. Indonesia itu terdiri dari bangsa-bangsa. Memang kita beda, beragam, itu disadari oleh para pendiri negeri ini," katanya. 

"Kita bisa beda agama. Tapi kita sebangsa setanah air. Kita beda suku tapi kita satu kebangsaan, satu kemanusiaan," pungkas Zulkifli.

Baca juga: Nama Surya Paloh Diobok-obok, NasDem Layangkan Somasi kepada Rizal Ramli

Share :
Komentar :

Terkait

Read More