Forgot Password Register

Korut Tolak Keterlibatan Pompeo dalam Dialog Nuklir, Ada Apa?

Korut Tolak Keterlibatan Pompeo dalam Dialog Nuklir, Ada Apa? Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. (Foto: Reuters/Rodrigo Garrido)

Pantau.com - Korea Utara menyatakan tidak ingin lagi Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo terlibat dalam pembicaraan nuklir di Semenanjung Korea. Korea Utara menyebutkan Mike Pompeo sebaiknya lebih berhati-hati dalam berkomunikasi, menurut kantor media negara, Kamis (18/4/2019).

"Tidak seorang pun dapat memprediksi situasi di Semenanjung jika Amerika Serikat merupakan 'akar penyebab' yang memaksa Pyongyang untuk mengembangkan program nuklirnya," kata Seorang pejabat senior di Kementerian Luar Negeri Korea Utara Kwon Jong gun, dikutip kantor berita resmi KCNA, dikutip Reuters.

Baca juga: Kim Jong-un Siap Bertemu dengan Trump di KTT ke-3, Asal...

Sebelumnya, pada awal pekan ini, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan siap bertemu kembali dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump guna melanjutkan upaya diplomatik menuju perdamaian. 

Kim Jong Un mengatakan kepada parlemen negara bahwa ia siap untuk mengadakan KTT ketiga dengan Donald Trump jika mereka (Amerika Serikat) datang dengan kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak.

Baca juga: Jika Ingin Bertemu, Kim Jong Un Minta AS Bersikap Lebih Santun

"Kami tidak ragu untuk menandatangani perjanjian yang adil dan saling melindungi kepentingan AS maupun Korea Utara di saat yang sama," kata Kim. Namun, ia menambahkan bahwa itu semua tergantung bagaimana AS mendekati subjeknya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More