Forgot Password Register

KPK Jalin Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Tentang Apa?

KPK Jalin Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Tentang Apa? Kerja sama KPK dan BPJS (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan (TK). MoU tersebut terkait dengan kerja sama dalam pencegahan korupsi juga kajian sistem jaminan sosial di Indonesia.

"Kita baru saja menandatangani nota kesepahaman antara KPK dan BPJS Ketenagakerjaan. Jadi itu terkait banyak hal, tukar menukar informasi, pelatihan, juga pendidikan dan lain-lain. Kita juga sepakat ingin mengkaji secara menyeluruh sistem jaminan sosial nasional kita," kata Ketua KPK Agus Rahardjo usai pertemuan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2019).

Baca juga: Diperiksa KPK 2 Jam, Eks Anggota Banggar DPR Tak Mengetahui Kasus Taufik Kurniawan

Salah satu jaminan sosial, kata Agus, terkait pembayaran dana pensiun. Agus mengungkapkan KPK menerima laporan ada pembayaran dana pensiun yang terlalu sedikit. Hal itu yang kemudian akan jadi salah satu fokus kajian yang dilakukan KPK.

"Keluhannya yang datang ke kami, di Jawa Timur misalkan kok pegawainya hanya nerima pensiun sangat rendah. Itu fokus kami dalam kajian, supaya bisa memberi rekomendasi ke pemerintah untuk menata sistem social security di negara kita," jelasnya.

Sementara itu, Dirut BPJS Agus Susanto mengatakan MoU itu sebagai komitmen antikorupsi di lembaganya. Dia menyatakan akan bekerja sama dengan KPK untuk mengawal pelaksanaan jaminan sosial secara nasional.

Baca juga: Usut Suap Taufik Kurniawan, KPK Panggil Anggota Banggar DPR serta PNS Kemenkeu

"Ada UU Jaminan Sosial Nasional, ini bagaimana harmonisasi regulasinya, persiapannya, bagaimana implementasi sekarang menuju amanah undang-undang tersebut. Sebagaimana diamanahkan, paling lambat tahun 2029 itu, PT Taspen dan Asabri akan mengalihakan program kerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan," jelasnya.

Agus Susanto menegaskan BPJS siap bekerja sama dengan KPK untuk melaksanakan kajian sistem jaminan sosial di Indonesia. Hal tersebut, menurutnya untuk kesejahteraan terhadap masyarakat.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More