Forgot Password Register

KPU Siap Gandeng BSSN Amankan Serangan Siber Jelang Pemilu 2019

KPU Siap Gandeng BSSN Amankan Serangan Siber Jelang Pemilu 2019 Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Jelang perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dikhawatirkan akan terganggu dengan adanya serangan-serangan siber (Cyber) seperti yang diperkirakan oleh Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN). Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka kesempatan untuk bekerja sama guna mengantisipasi hal itu.

Baca juga: Antisipasi Serangan Siber Jelang Pemilu, BSSN Beri Rekomendasi ke KPU

"Siap kami ini bersedia (bekerjasama) kami boleh terbuka, sepanjang dalam kemampuan itu diperbolehkan," ucap Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Sari Pacific, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2/2019).

Selain itu, Arief juga mengatakan bahwa kerjasama dengan pihak BSSN bisa saja terjadi. Sebab, dalam membentuk sistem di bidang yang diluar kemampuan KPU, pihaknya selalu berkerjasama dengan pihak lain.

Bahkan, Arief juga mencontohkan bahwa salah satu bentuk kerjasama yakni dalam bidang kesehatan. KPU bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit tertentu untuk melakukan test medis.

"KPU kan tidak ahli dengan ini (siber) makanya ketika KPU membangun sistem bersama dengan yang ahli ketika mengamankan itu kita kerjasama dan itu kita lakukan," tegas Arief.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen TNI (Purn) Djoko Setiadi mengatakan bahwa pihaknya telah menyempaikan beberapa hal atau cara untuk mengantisipasi serangan siber terjadi.

Baca juga: Empat Motif Mendasar Penyerangan Siber, Mulai Motif Uang hingga Politik

"Kita menyampaikan rekomendasi bagaimana supaya tidak mudah diganggu dan diserang siapapun. kami sudah membuat beberapa rekomendasi untuk ditindaklanjuti KPU," ucap Djoko Setiadi di resto d'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Februari 2019.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More