Pantau Flash
Juan Cuadrado Perpanjang Kontrak Bersama Juventus hingga 2022
Terduga Pembobol Bank DKI Bertambah Jadi 41 Orang
Resmi! Bamsoet Nyatakan Maju Tantang Airlangga di Munas Golkar
UMK Kabupaten Karawang Lampaui UMP DKI Jakarta
Jokowi: Stop Belanja Alutsista Hanya Berorientasi Proyek

Manfaat Minyak Zaitun: Cegah Sakit Jantung Hingga Stroke

Manfaat Minyak Zaitun: Cegah Sakit Jantung Hingga Stroke Minyak Zaitun. (Foto: iStock)

Pantau.com - Hasil studi mengungkapkan, zat yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mencegah serangan stroke pada orang yang telah berusia senja, atau di atas 65 tahun.

Penelitian itu diikuti sekitar 7.000 orang yang berusia 65 tahun keatas. Mereka umumnya telah bertempat tinggal di daerah yang sama selama kurang lebih lima tahun.

Mereka yang menggunakan banyak minyak zaitun dalam memasak atau menambahkannya sebagai dressing ternyata memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak pernah menggunakannya.

Para peneliti mengatakan, para orangtua harus diberi minyak zaitun sebagai pola diet. Hal itu diterbitkan dalam jurnal Neurology.

Baca Juga: Benarkah Terlalu Bahagia Bikin Seseorang Cepat Mati?

Penulis utama dari University of Bordeaux, Dr Cecilia Samieri mengatakan, "Penelitian kami menunjukkan bahwa satu rekomendasi diet harus dikeluarkan untuk mencegah stroke pada orang yang telah berusia 65 tahun atau lebih."

"Stroke umumnya menyerang orang tua. Dan minyak zaitun akan menjadi cara yang murah dan mudah untuk mencegahnya," katanya pula.

Para peneliti mempelajari catatan medis dari 7.625 orang berusia 65 tahun yang tinggal di Bordeaux, Dijon dan Montpelier.

Ketika mereka ditanya apakah mereka menggunakan minyak zaitun dalam memasak, menambahkannya pada salad atau mengoleskannya pada roti, mereka menjawab, minyak zaitun jenis extra virgin umumnya telah digunakan sejak jaman dulu.

Baca Juga: Ini Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya

Mengomentari studi yang dipublikasikan di Neurology, Sharlin Ahmed dari Stroke Association, mengatakan, "Minyak zaitun telah lama dikenal memiliki khasiat bagi kesehatan."

Banyak manfaat yang didapat dari mengonsumsi Minyak zaitun, diantaranya dapat mencegah kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Semua gejala ini berkaitan dengan stroke. Pemakaian minyak zaitun akan efektif bila disertai diet seimbang dengan mengurangi asupan lemak jenuh dan garam.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: