Forgot Password Register

Headlines

Mendag Bantah Ketegangan Perdagangan RI-AS Akibat Dugaan Penipuan

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika) Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, mengancam mengenakan tarif ke 124 produk asal Indonesia. Hal ini menyusul defisit AS dalam hubungan dagang dengan Indonesia. 

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita membantah bahwa hal tersebut disebabkan oleh dugaan kecurigaan Amerika terhadap Indonesia yang melakukan penipuan perdagangan.

"Enggak ada. Enggak ada tuduhan itu," ujar Enggar saat ditemui di Gedung Nusantara I, DPR RI, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Baca juga: Panasnya Perang Dagang Picu Kenaikan Harga 1.300 Produk

Ia mengatakan bahwa ketegangan tersebut lantaran saat ini AS tengah mengevaluasi generalized system of preference (GSP) atau Sistem Preferensi Umum  yang diberikan ke produk-produk asal Indonesia.

"Kalau di evaluasi saja apa ruginya? Ya memang jadwalnya evaluasi," ungkapnya.

Untuk memastikan GSP terhadap beberapa produk tidak dicabut pihaknya mengaku terus melakukan negosiasi kepada pemerintah Amerika Serikat. Pihaknya juga dikabarkan berencana terbang ke AS untuk negosiasi akhir Juli mendatang.

"Dalam pembicaraan. Kita lagi dalam proses surat menyurat," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More