Forgot Password Register

Menerawang Pertemuan Jilid II Kim Jong Un dan Donald Trump

Menerawang Pertemuan Jilid II Kim Jong Un dan Donald Trump Presiden AS Donald Trump dengan Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo sepakat untuk mengatur pertemuan puncak kedua antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

Keduanya juga membahas kemungkinan AS memantau langkah-langkah Pyongyang menuju penghapusan senjata nuklir (denuklirisasi), kata kantor Kepresidenan Korea Selatan.

Pompeo mengatakan lawatannya yang keempat dan terbaru ke Pyongyang itu merupakan "langkah maju berikutnya" menuju denuklirisasi dan pembicaraannya dengan Kim produktif dan baik, tapi masih ada yang perlu dikerjakan.

Baca juga: Cari Dukungan Tarik Nuklir Korut, Menlu AS Bertolak ke Pyongyang

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengadakan pembicaraan dengan Pompeo di Seoul setelah diplomat utama AS itu bertemu Kim selama lebih tiga jam dalam kunjungan singkat ke Pyongyang. Kunjungan tersebut bertujuan memecah kemacetan dalam perundingan nuklir mereka.

Pompeo mengatakan ia dan Kim membahas langkah-langkah denuklirisasi yang akan diambil Korea Utara dan kemungkinan AS memantaunya. Washington memandang langkah Korut sebagai hal yang utama, demikian juga dengan juga langkah-langkah yang AS akan lakukan sebagai timbal baliknya, kata kantor Moon.

Pompeo dan Kim juga sepakat membentuk kelompok kerja "secepatnya" guna membahas proses denuklirisasi serta pertemuan puncak kedua, yang Kim usulkan kepada Presiden AS Donald Trump dalam sepucuk surat bulan lalu, menurut Sekretaris Pers Moon Yoon Young-chan.

Baca juga: Berkirim Surat Mesra, Donald Trump 'Fell in Love' dengan Kim Jong Un

"Menlu Pompeo mengatakan ia dan Ketua Kim bicara bahwa mereka akan mengadakan pertemuan puncak kedua antara AS dan Korea Utara sesegera mungkin," kata Yoon dalam satu pernyataan.

"Kedua pihak juga sepakat melanjutkan diskusi untuk memutuskan rincian waktu dan lokasi pertemuan puncak kedua." Sementara Seoul terdengar bersemangat, Pompeo mengeluarkan nada lebih berhati-hati.

"Seperti Presiden Trump katakan, masih ada banyak langkah sepanjang perjalanan dan kami mengambil salah satu di antaranya hari ini," kata Pompeo kepada Moon. "Itu satu langkah maju berikutnya. Jadi ini, saya pikir, hasil bagus untuk kita semua." Trump tampak berharap pada Ahad.

"@MenteriPompeo mengadakan pertemuan Ketua Kim hari ini di Pyongyang berlangsung baik. Kemajuan dibuat terkait Persetujuan Pertemuan Puncak Singapura! Saya ingin bertemu Ketua Kim lagi, dalam waktu dekat," demikian cuitan Trump.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More