Forgot Password Register

Menlu AS Sebut Korea Utara Akan Bahagia Jika Tiru Vietnam, Kenapa?

Pertemuan Menlu AS Mike Pompeo dengan Deputi PM Vietnam Pham Binh Minh. (Foto: Reuters) Pertemuan Menlu AS Mike Pompeo dengan Deputi PM Vietnam Pham Binh Minh. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan Korea Utara akan merasakan kebahagiaan dan kekayaan yang berlimpah jika melakukan program denuklirisasi.

"Saya mengatakan semua itu karena itu penting, tetapi saya berharap bahwa Amerika Serikat, bahwa suatu hari kita dapat berbagi hubungan yang sama dengan Korea Utara," katanya seperti dikutip dari AFP, Senin (9/7/2018).

Baca juga: Palestina Tolak Kesepatakan Perdamaian Timur Tengah ala Donald Trump

Menurutnya, hal itu terbukti dengan apa yang telah dilakukan Vietnam. Setelah berperang dengan brutal untuk mengusir penjajah Amerika, tetapi kini Vietnam dan AS memiliki hubungan yang sangat romantis.

Pompeo mengatakan bahwa perdagangan AS-Vietnam telah tumbuh 8.000 persen dalam dekade terakhir, karena meningkat menjadi kemakmuran relatif.

Bulan lalu, Presiden AS Donald Trump bertemu Kim di Singapura pada pertemuan puncak bersejarah yang dirancang untuk membuka rute diplomatik di luar konflik. Pertemuan tersebut merujuk pada penyelesaian konflik nuklir.

Baca juga: Pantau Foto: Penemuan 12 Makam Suku Inca 16 Abad Tahun Silam

Trump menyebut, pertemuan tersebut adalah terobosan dunia dalam mengakhiri segala perang nuklir yang mungkin akan pecah. 

Namun, pertemuan tersebut tak berjalan mulus. Usai pertemuan itu, Korea Utara malah menuduh AS melakukan intervensi sepihak lantaran dengan meminta Korea Utara melakukan penyerahan senjata nuklir sepihak. 

Sebaliknya mereka mendukung proses normalisasi politik langkah demi langkah dan pengurangan dalam ancaman implisit yang ditimbulkan oleh pasukan AS.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More