Forgot Password Register

Menteri ESDM Batal Diperiksa KPK Besok

Menteri ESDM Batal Diperiksa KPK Besok Gedung KPK. (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal memeriksa Menteri ESDM Ignasius Jonan besok. Sebelumnya Jonan dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus pemberian suap terkait terminasi kontrak Perjanjian Karya Pengesahan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT AKT di Kementerian ESDM.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pemeriksaan besok dibatalkan lantaran Jonan berada di luar negeri. 

"Jadwal pemeriksaan menteri ESDM sebagai saksi sebagaimana di informasikan sebelumnya rencana penjadwal pemeriksaan sebagai saksi adalah hari rabu ya, hari Rabu Berarti besok. Tapi tadi saya baru mendapatkan informasi ada surat dari pihak Kementerian ESDM tidak bisa memenuhi panggilan penyidik besok pada hari Rabu karena sedang ada pelaksanaan tugas atau perjalanan ke luar negeri," kata Febri kepada wartawan, Selasa (14/5/2019). 

Baca juga: KPK Panggil (Lagi) Setya Novanto Terkait Kasus Suap PLTU Riau-1

Penyidik KPK berencana memanggil ulang Jonan. Namun Febri belum bisa memastikan tanggal penjadwalan ulang tersebut. 

"Nanti tentu akan kami panggil kembali dan dijadwalkan ulang sesuai dengan kebutuhan pemeriksaan saksi di tahap penyidikan ini," ucapnya. 

Sementara itu dalam kasus ini, KPK telah menetapkan status tersangka kepada pemilik perusahaan Borneo Lumbung Energi dan Metal (BLEM) Samin Tan. 

Baca juga: KPK Tetapkan Ketua DPRD Tulungagung Tersangka Suap dan Gratifikasi

Ia diduga memberikan suap sebanyak Rp5 miliar kepada mantan anggota DPR RI Eni Maulani Saragih. 

Atas dugaan perbuatan tersebut, Samin disangka melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau pasal 13 UU no. 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU no. 20/2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 64 ayat (1) KUH Pidana

Share :
Komentar :

Terkait

Read More