Pantau Flash
Joko Driyono Jalani Sidang Vonis Kasus Perusakan Bukti Pengaturan Skor
Sampah Plastik di Jawa Barat Akan Disulap Jadi Biodiesel
Komisi III DPR Gelar Rapat Pleno Bahas Amnesti Baiq Nuril Hari Ini
Cristiano Ronaldo Bebas dari Dakwaan Kasus Pemerkosaan
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan

MUI Akan Keluarkan Fatwa Haram Game PUBG, Ini Komentar Imam Nahrawi

Headline
MUI Akan Keluarkan Fatwa Haram Game PUBG, Ini Komentar Imam Nahrawi Menpora Imam Nahrawi. (Foto: Pantau.com/Willa Wildayanti)

Pantau.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengatakan, perlunya ada sudut pandang yang komprehensif terkait rencana fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) melarang game PUBG.

Namun, Imam menilai, MUI bisa jadi memiliki pandangan tersendiri terhadap permainan eSport tersebut.

“Ya kita harus melihat secara koompernsif ya, sisi apa yang kemudian dikhawatirkan oleh PUBG, apakah karena di sana ada dialog, ada pemain-pemain yang cenderung kepada sikap-sikap tertentu, atau seperti apa? tentu masing-masing punya cara pandang,” ujar Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora.

Baca juga: MUI Jabar Segera Keluarkan Fatwa Main Game PUBG

Namun menurutnya, MUI juga perlu mempertimbangkan pandangan operator, atau pemain eSport yang menggeluti permainan tersebut. Imam pun menegaskan hal itu untuk dilihat secara hati-hati dan dari sisi lainnya juga, karena ketika bagi pemain pun ada sisi untuk menciptakan prestasi tersendiri.

“Mungkin dari sisi etik, hukum, maupun moral ini bisa jadi MUI mempunyai pandangan, tetapi bagi gamers ada pandangan lain. Karena kita melihatnya harus secara komprehensif, dilihat dari bagaimana perkembangan digital dan bagaiaman perkembangan atau prospek dari sisi prestasinya,” tambahnya.

Meski begitu pria asal Bangkalan Madura itu mengatakan, jika hal itu dilihat dari sisi hukum moral, tentu saja hal seperti itu bisa terjadi begitu saja.

“Kalau dari sisi hukum moral tentu kita akan menunggu seperti apa dan ini kesempatan bagi operator atau pengelolah ataupun pihak-pihak yang selama ini menangani mengeluti eSport PUBG ini bisa memberikan alasan-alasan kepada majelis ulama,” ungkapnya.

Baca juga: Wih, Final Piala Presiden eSport 2019 Bakal Digelar Selama 2 Hari

Sebelumnya, Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan fatwa haram mengenai game PUBG. Kendati demikian, pihaknya perlu mengkaji terlebih dahulu mengenai dampak-dampak dari bermain gim tersebut.

Pertimbangan untuk melarang game PUBG ini muncul setelah permainan tersebut disebut menginspirasi pelaku serangan teror di masjid di Christchurch, Selandia Baru. Game ini memang tengah digandrungi masyarakat, khususnya anak muda.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Reporter
Willa Wildayanti
Category
Olahraga

Berita Terkait: