Forgot Password Register

PAN Siapkan 7 Nama Pengganti Taufik Kurniawan di DPR, Siapa Saja?

PAN Siapkan 7 Nama Pengganti Taufik Kurniawan di DPR, Siapa Saja? Eddy Soeparno (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan partainya akan intens melakukan komunikasi soal pengganti Taufik Kurniawan sebagai pimpinan DPR RI usai masa reses DPR selesai. Menurutnya, ada 7 kandidat potensial pengganti Taufik sebagai Wakil Ketua DPR RI.

"Jadi intinya kita telah sepakati bahwa nanti di masa persidangan yang akan datang akan kami ajukan pergantian posisi dari pimpinan DPR RI dari Pak Taufik Kurniawan. Surat itu tentu akan kami tentukan segera setelah reses berakhir dam masa persidangan dimulai. Kami berharap di masa persidangan berikut kita sudah bisa mendapatkan pergantian dari pimpinan DPR," ujar Eddy ditemui di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018).

Baca juga: 5 Istilah Politik yang Memancing Kontroversi Jelang Pilpres 2019, Etiskah?

Kendati begitu, ia menuturkan, akan lebih dulu melakukan komunikasi kepada pimpinan DRR RI yang lain, hal itu dilakukan untuk mencari jalan terbaik soal pergantian Taufik Kurniawan agar sesuai dengan UU MD3.

"Nanti kami akan berkomunikasi dengan pimpinan DPR ketika sebelum surat itu nanti kami sampaikan mengenai proses yang akan dijalankan tetapi dari kami secara internal kami akan mengajukan surat untuk pergantian itu pada saat masa persidangan dimulai," ungkapnya.

Sementara itu juga menurutnya, PAN akan melakukan komunikasi kepada Taufik yang saat ini sedang menjalani penahanan di Rutan KPK. Menurutnya pandangan Taufik sangat diperlukan sebelum partai berlambang matahari putih itu melakukan pergantian pimpinan.

Ia juga memperhitungkan kemungkinan jika Taufik enggan melepas jabatannya di DPR RI. Kalau pun Taufik memilih tak melepas jabatannya, menurutnya tak ada alternatif lain termasuk juga kemungkinan untuk menggantinya.

Baca juga: Ini Kata Taufik Kurniawan Usai Diperiksa KPK

"Saya kira kita tidak punya alternatif, tidak punnya pilihan kan, tapi saya rasa yang jelas dari pihak kita, kita akan jalankan proses itu. Dan tentu kita akan menjalin komunikasi dengan Pak Taufik maupun dengan pimpinan DPR untuk bagaimana mempercepat prosesnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga itu mengungkapkan, bahwa saat ini partainya sudah menyiapkan orang-orang yang dinilai memiliki potensi mengisi kursi wakil ketua DPR RI. Eddy menyebut ada 7 orang.

"Dalam hal ini kan kita sudah memiliki sejumlah wakil ketua umum partai, ada Mulfachri Harahap, Hanafi Rais, ada Totok Daryanto, ada Viva Yoga. Kita juga punya Ketua Fraksi MPR, Pak Alimin Abdullah, kita juga memiliki pimpinan-pimpinan di komisi. Misalnya di Komisi VIII ketuanya Pak Ali Taher, Komisi VI wakil ketuanya Mas Teguh Juwarno. Jadi saya pikir di antara mereka ini lah yang kemudian akan kami bicarakan," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More