Pantau Flash
Rp54 Juta dan 2.600 Dolar AS Disita KPK dari Rumdin Bupati Lampung Utara
Pasca Diserang, Raja Salman Sepakat Tambah Pasukan Militer AS
Juarai F1 GP Jepang, Bottas Antar Mercedes Kunci Gelar Juara Konstruktor
7 Paus Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Nusa Tenggara Timur
Tampil Lawan Norwegia Semalam, Sergio Ramos Pecahkan Rekor Lampaui Casillas

Pengamat: OTT Romahurmuziy Pengaruhi Elektabilitas Jokowi, tapi...

Headline
Pengamat: OTT Romahurmuziy Pengaruhi Elektabilitas Jokowi, tapi... Romahurmuziy di sebuah acara PPP (Foto: Antara/Reno Esnir)

Pantau.com - Pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI), Jerry Massie menyebut operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Ketua Umum PPP Romahurmuziy akan berpengaruh pada elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden, Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Saya lihat ini ada pengaruhnya tapi tidak terlalu signifikan. Tapi bisa saja ini akan digoreng dan perlu juga kewaspadaan dari Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf," kata Jerry ketika dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: OTT Romahurmuziy Terkait Jabatan Kemenag, KPK Duga Bukan yang Pertama

Ia menilai operasi tangkap tangan KPK terhadap Romahurmiziy merupakan tamparan keras buat PPP dan juga tim TKN Jokowi soalnya PPP pendukung Jokowi. Menurut Jerry, serahkan saja sepenuhnya kasus itu kepada KPK dan biarkan saja mengalir sesuai kaidah dan norma hukum yang ada.

"Jadi, harus objektif. Semua diserahkan pada proses hukum. Jangan ada intervensi dan intimidasi terhadap kasus ini," ujar Jerry.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan operasi tangkap tangan (OTT) yang melibatkan Ketua Umum PPP Romahurmuziy di Surabaya, Jawa Timur, terkait pengisian jabatan di Kementerian Agama. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan diduga ada transaksi uang saat OTT itu dilakukan. 

"Transaksi ini dari identifikasi yang sudah kami lakukan diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama baik di pusat ataupun di daerah. Tentu kami perlu mendalami lebih lanjut informasi-informasi tersebut dan KPK belum bisa menyebutkan siapa saja orang-orang yang diamankan," kata Febri kepada wartawan di Gedung ACLC C1, Jl. Rasuna Said, Jakarta, Jumat (15/3/2019). 

Baca juga: KPK Tangkap 5 Orang dalam OTT Ketum PPP Romahurmuziy

"Kami duga ini bukan transaksi pertama," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, ada sejumlah uang dalam bentuk mata uang rupiah yang juga diamankan saat operasi senyap tersebut. Namun Febri tidak menyebutkan berapa nominalnya. 

"Ada uang yang kami amankan juga karena itu ada diduga adalah bagian dari transaksi yang diindikasikan melibatkan penyelenggara negara tersebut," ucapnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: