Forgot Password Register

Pengamat: Visi Misi Paslon di Pilpres Harus Dituangkan dalam Program

Pengamat: Visi Misi Paslon di Pilpres Harus Dituangkan dalam Program Joko Widodo dan Prabowo Subianto (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Pengamat Politik Emrus Sihombing dari Universitas Pelita Harapan menilai bahwa visi-misi yang ditawarkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2019 akan tidak berarti jika tidak diwujudkan saat terpilih. 

"Biasanya visi kan bentuknya abstrak gitu ya, jadi biasanya visi biasanya mimpi lah. Justru yang menentukan elektabilitas ketika visi itu diturunkan ke misi, misi diturunkan ke program, di sini ketika di level program bahwa masyarakat secara keseluruhan bisa memahami," ujar Emrus dalam sebuah Diskusi bertajuk Mengintip Visi-Misi Capres dan Cawapres, Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).

Baca juga: NasDem Yakin Suara NU Solid Dukung Jokowi-Ma'ruf

Menurutnya, tidak semua masyarakat akan memahami secara langsung mengenai visi-misi yang ditawarkan kandidat capres-cawapres karena tingkat pendidikan masyarakat tidak lah sama.

Ia lebih setuju jika visi misi yang ditawarkan bisa diimplementasikan ke program nyata, maka dengan begitu seluruh rakyat Indonesia pasti bisa memahami.

"Oleh karena itu saya berpendapat bahwa sekalipun boleh jadi, visinya sangat indah, mimpinya sangat indah, tetapi di level program tidak terukur, tidak operasional, ini yang jadi masalah," ungkapnya.

Baca juga: Kata PDIP Soal Kwik Kian Gie Diklaim Masuk Koalisi Prabowo-Sandi

Untuk itu pada Pilpres 2019 kali ini Emrus berharap dua kandidat yang akan bertarung bisa menawarkan program yang betul-betul menjadi jawaban permasalahan Indonesia saat ini.

"Kita harapkan dua kandidat paslon kita ini menawarkan program-program mereka yang bisa memecahkan berbagai persoalan, tidak hanya satu titik fokus. Kita harapkan dua kandidat kita ini, dua paslon ini, menurut saya bagus, saya kira mereka putra terbaik Indonesia," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More