Pantau Flash
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri
Catat! Ada Denda Rp300 Ribu Jika Anda ‘Ngasal’ Kendarai GrabWheels
LAN: 37 Persen ASN Punya Latar Belakang Pendidikan Tak Sesuai Kompetensi
Saddil Ramdani Pamit dari Pahang FA

Penting! Ini 5 Fakta yang Perlu Diketahui Masyarakat Tentang Autisme

Headline
Penting! Ini 5 Fakta yang Perlu Diketahui Masyarakat Tentang Autisme Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Autisme atau autism spectrum disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan yang muncul selama tiga tahun awal kehidupan anak.

Autisme mempengaruhi otak dengan cara yang mengganggu kemampuan seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Berikut 5 hal yang perlu kamu ketahui tentang autisme, dikutip dari Live Strong.

1. Apa gejala Autisme?

Autisme mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Beberapa orang mungkin menunjukkan sedikit gangguan saat berkomunikasi, namun beberapa justru tidak dapat berkomunikasi sama sekali.

Baca juga: Studi: Paparan Pestisida Berisiko Gangguan Autisme pada Bayi

Beberapa sifat yang terkait dengan autisme termasuk ketidakmampuan untuk membaca atau mengartikan bahasa nonverbal, sering marah pada rutinitas kecil, mengalami tantrum atau mengekspresikan emosi yang tak memiliki hubungan yang jelas pada situasi tertentu.

2. Seberapa umumnya autisme?

Pada 2012, satu dari 68 anak di Amerika Serikat didiagnosis dengan autisme, menurut Center for Disease Control (CDC). Angka itu meningkat 30 persen dari tingkat satu sekitar 88 yang dilaporkan pada 2008, dan dua kali lebih tinggi pada tingkat 150 di tahun 2000.

Peningkatan anak yang diagnosis autisme ini meningkat tajam secara global pada tahun 1990. 

3. Siapa yang mengidap autisme?

Autisme lebih mungkin dideteksi pada anak laki-laki dibandingkan pada perempuan. Sekitar satu di antara 42 anak laki-laki diagnosis dengan autisme, sementara hal yang sama berlaku untuk satu di antara 189 anak perempuan. Maka autisme terjadi pada anak laki-laki 1:5 anak perempuan.

Baca juga: Kenali 7 Tanda Autisme Pada Anak Sejak Dini

Terdapat faktor risiko lainnya; semakin tua ibu yang melahirkan anak, semakin besar risiko autisme. Selain itu, faktor lingkungan juga mempengaruhi, seperti lahir prematur, dan berat badan anak yang rendah.

4. Kapan autisme muncul pada anak?

Gejala yang paling jelas dari autisme biasanya muncul pada anak yang berusia antara 2 atau 3. Terkadang bahkan dapat didiagnosis pada usia 18 bulan. Hal ini penting untuk menyadari tanda-tanda autisme, karena perawatan dini dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuan anak di masa depannya.

5. Apakah autisme ada obatnya?

Meskipun tidak ada obat untuk autisme, perawatan secara signifikan dapat menutup kesenjangan dan meningkatkan keterampilan sosial. Terapi perilaku yang intensif juga mewajibkan seluruh anggota keluarga berpartisipasi.

Terkadang perawatan hanya diberikan di pusat atau ruang kelas khusus, dan pelatihan tidak hanya untuk anak autisme; tetapi juga untuk orang tua. Seseorang dengan autisme mungkin juga menerima pengobatan untuk mengobati masalah seperti insomnia, depresi, dan kejang.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: