Forgot Password Register

Periksa Kondisi Tangan Untuk Deteksi Penyakit Sejak Dini

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kita pasti sering mendengar istilah mencegah lebih baik daripada mengobati. Salah satu cara untuk mencegah adalah dengan mendeteksi dini penyakit dalam tubuh kita. Tahukah kamu ternyata tubuh punya cara tersendiri untuk mengirimkan sinyal bahwa ada masalah kesehatan yang kamu alami.

Salah satunya lewat kondisi tangan. Telapak tangan, tekstur kulit, kuku jari, kelenjar keringat, dan pigmen, dapat membantu kamu memprediksi adanya gangguan kesehatan. Berikut ini adalah 5 gangguan kesehatan yang bisa dideteksi lewat kondisi tangan, seperti dilansir dari Medical Daily.

1. Tingkat nutrisi

Jangan anggap remeh ketika kuku kamu tiba-tiba menjadi rapuh akhir-akhir ini. Kondisi tersebut bisa menandakan kamu sedang mengalami defisiensi zinc, vitamin A, vitamin C, atau biotin. Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda hipokalsemia, yaitu suatu kondisi yang menandakan kadar kalsium dalam tubuh sangat rendah.

Baca juga: Selain Banyak Kandungan Vitamin, Apel Ternyata Mengandung Sianida

2. Kondisi jantung

Mengetahui kesehatan jantung kita bisa diukur dari kekuatan cengkeraman tangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekuatan cengkeraman dapat menjadi cara yang baik untuk menilai usia biologis dan kekuatan otot.

3. Parkinson

Tangan yang mudah bergoyang ketika sedang beristirahat atau tidak melakukan aktivitas apa pun dapat menjadi tanda penyakit Parkinson. Ini berbeda dengan gemetar biasa yang dialami kebanyakan orang karena stres, asupan kafein, atau ketika menggunakan tangan mereka untuk aktivitas.

4. Anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang menunjukkan rendahnya tingkat sel darah merah dalam tubuh yang menurunkan kemampuan untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan. Kondisi tangan dan kuku yang pucat mungkin menjadi sinyal mengidap anemia.

Baca juga: Sulit Berkonsentrasi? Cobalah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

5. Eksim

Tangan cenderung kasar dan rentan terhadap gatal dan ruam, meskipun telah menggunakan pelembab, merupakan gejala mengidap eksim. Menurut American Academy of Dermatology, eksim pada tangan juga dapat menyebabkan lecet, retakan yang menyakitkan, kekeringan, kerak, sensasi terbakar, dan kulit berdarah.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More