Forgot Password Register

Selain Banyak Kandungan Vitamin, Apel Ternyata Mengandung Sianida

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin tinggi. Apel juga kaya akan mineral yang terdiri dari kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan zinc.

Namun dari sekian banyak kandungan yang terdapat dalam apel, ternyata buah ini juga mengandung racun yang mematikan. Tapi tenang saja, racun sianida pada apel hanya terdapat dalam bijinya saja.

Baca juga: Sulit Berkonsentrasi? Cobalah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Namun jika tidak hati-hati terkadang biji apel bisa tergigit. Lantas bagaimana jika itu terjadi apakah hal tersebut bisa mengancam nyawa seseoarang?

Dilansir dari laman Boldsky, Selasa (8/5/2018), biji apel memiliki zat yang disebut dengan amygladin yang bisa melepaskan sianida. Jika biji tersebut masuk ke tubuh dalam bentuk utuh tidak terkunyah atau tidak tercerna maka sianida di dalamnya tidak akan terlepas.

Namun jika biji tersebut terkunyah atau tercerna di dalam tubuh. Maka berpotensi melepaskan hidrogen sianida. Tidak perlu khawatir, mengkonsumsi biji apel secara tidak sengaja dan hanya dengan jumlah sedikit tidak akan berefek apa-apa.

Baca juga: Siap-siap! 3 Zodiak Ini Akan Menjalani Masa Sulit di Bulan Mei

Namun ketika sianida dalam apel yang kamu konsumsi sebanyak 1-2 miligram per kilogram, maka itu dianggap fatal dan bisa mematikan. Hal itu berarti sama dengan mengkonsumsi 200 biji atau sekitar 20 buah apel. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More