Forgot Password Register

Pertama Kali! InSight di Mars Kirimkan Pesan ke NASA

Pertama Kali! InSight di Mars Kirimkan Pesan ke NASA Ilustrasi planet Mars. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pesawat antariksa milik NASA, InSight yang berhasil mendarat di Mars pertama kali mengirim pesan kembali berupa suara angin yang bertiup di Planet Merah tersebut.

"Interior Eksplorasi NASA menggunakan Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport (InSight), yang mendarat di MArs 10 hari yang lalu, telah memberikan pesan pertamanya berupa suara angin di Planet Mars," kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Badan Antariksa itu menandai suara angin di Mars sebagai gemuruh rendah yang disebabkan oleh getaran dari angin, yang diperkirakan bertiup dengan kecepatan antara 10 hingga 15 mph atau 5-7 meter per detik.

Baca juga: Tim Antariksa NASA Akan Jelajahi Mars Selama 2 Tahun

Getaran yang disebabkan oleh angin direkam oleh seismometer, yang diinstal pada InSight. Pada 1 Desember lalu, angin bertiup di panel solar yang berasal dari baratlaut tenggara, seperti dilansir Sputnik, Sabtu (8/12/2018).

Badan Antariksa juga menerbitkan sebuah video yang berisi rekaman suara yang mewakili suara bernada sangat rendah, yang baik didengarkan dengan headphones atau subwoofer. Getaran angin juga direkam oleh sensor tekanan udara InSight.

NASA mengatakan bahwa para insinyur misi direncanakan untuk memindahkan seismometer dari bawah ke samping, yang di mana peralatan tersebut akan merekam getaran di Planet Merah.

Baca juga: Pertama Kali, 2 Satelit 'Kotak Sepatu' Keliling Mars

Share :
Komentar :
">

Wah keren...

Kunanju

Wow

Kunanju

Hmm...

Kunanju

Tulis komentar

Kunanju

Tulis komentar

Kunanju

Tulis komentar

Kunanju

Tulis komentar

Terkait

Read More