Forgot Password Register

Pertemuan Jilid II Trump-Kim Dilaksanakan Usai Pemilu November Mendatang

Pertemuan Jilid II Trump-Kim Dilaksanakan Usai Pemilu November Mendatang Donald Trump dengan Kim Jong Un. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Selasa bahwa pertemuan puncak yang kedua antara dirinya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan dilangsungkan setelah AS menyelenggarakan pemilihan Kongres pada 6 November.

Ketika berbicara kepada para wartawan saat ia terbang menuju Iowa untuk menghadiri kampanye politik, Trump mengatakan, pertemuan akan dilakukan setelah penyelenggaraan Pemilu.

"(Pertemuan) akan (dilakukan) setelah pemilihan (umum). Saya tidak bisa pergi untuk saat ini." Sebelumnya pada Selasa, Trump mengatakan kepada para wartawan bahwa rencana pertemuan kedua dengan Kim sedang dirancang. Menurutnya, kemajuan "luar biasa" telah dicapai dalam pembicaraan antara AS dan negara di Asia Utara yang terkucil itu.

Baca juga: Menerawang Pertemuan Jilid II Kim Jong Un dan Donald Trump

Trump mengatakan pertemuan antara Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Kim pada akhir pekan berlangsung sangat baik dan bahwa tiga atau empat lokasi pertemuan sedang dipertimbangkan.

Trump dan Kim pertama kali bertemu di Singapura pada 12 Juni. Dalam pertemuan bersejarah itu, Kim berjanji akan bergerak menuju penghapusan senjata nuklir di semenanjung Korea.

Namun, janji itu belum sesuai dengan tindakan nyata seperti yang diharapkan Washington menyangkut daftar lengkap persenjataan dan fasilitas nuklir Korea Utara serta langkah menuju penghapusan persenjaan nuklir, yang bisa mengancam Amerika Serikat.

Baca juga: Kim Jong Un Minta Paus Fransiskus Berkunjung ke Korea Utara

Share :
Komentar :

Terkait

Read More