Forgot Password Register

Politisi NasDem Beberkan Pentingnya Etika Politik Tangkal Isu Hoax Jelang Pemilu

Politisi NasDem Beberkan Pentingnya Etika Politik Tangkal Isu Hoax Jelang Pemilu Diskusi politik LSPI (Foto: Pantau.com/Ryan)

Pantau.com - Politikus NasDem Taufik Basari mengatakan pentingnya menangkal berita bohong atau hoax jelang tahun politik. Kasus isu hoax Ratna Sarumpaet dapat menjadi contoh, agar semua pihak lebih berhati-hati dalam menyikapi sesuatu.

"Seperti yang kita ketahui beberapa waktu belakangan dihebohkan kasus Ibu Ratna Sarumpaet, tapi daripada kita menyalahkan lebih baik kita cari pelajaran apa yang dapat diambil supaya ke depan semuanya lebih baik dan tidak terulang lagi," kata Taufik dalam suatu acara diskusi di Jakarta, Minggu (7/10/2018).

Baca juga: Dukungan ke Prabowo 'Tersandung' Kasus Hoax Ratna Sarumpaet

Taufik menambahkan, pelajaran penting yang bisa diambil dari kejadian itu adalah pentingnya tetap menjunjung etika politik. "Banyak orang mengatakan politik itu dapat menghalalkan segala cara untuk menang, tapi politik ada etikanya," ujarnya.

Menurut Taufik, politisi sebagai aktor politik juga harus sadar tiap langkah dan tindakannya akan berimplikasi politik. Lantaran ada yang melekat dalam diri seorang politisi, yakni tanggung jawab etis. 

"Kemarin yang terjadi adalah ada suatu kejadian yang mana kejadian ini dapat menjadi suatu isu yang negatif. Isu negatif ini ternyata juga sensitif, jika tanggung jawab etis dijalankan semestinya seorang politis melihat kejadian ini, harus tanggung jawab secara etis," kata Taufik.

Di tahun politik seperti saat ini hingga pemilu 2019 mendatang, suatu isu kekerasan yang dikaitkan dengan politik maka potensi adanya konflik di akar tumput sangat tinggi dan akan sangat berbahaya.

Seorang politisi, ujar Taufik, saat melihat ada potensi konflik harusnya meredam agar potensi itu tidak muncul, dan juga tidak terlalu bereaksi emosional. Para pendukung parpol dan capres tertentu juga harus lebih tenang agar tidak memperkeruh suasana.

Baca juga: Mengaku Bohong, Relawan Jokowi Sebut Ratna Sarumpaet Mendapat Hidayah

"Itu yang semestinya terjadi ketika kita memang tanggung jawab etis itu, untung juga cepat terungkap, sehingga potensi yang dikhawatirkan itu tak terjadi, maka harapannya ialah politisi dapat lebih berhati-hati," kata Taufik.

"Banyak pelajaran penting yang bisa kita ambil dari peristiwa kemarin. Soal penegakan hukum, ada problem di situ, keterbatasan UU atas problem ini. Untuk itu terkait dengan keterbatasan UU, bagaimana menghindari hoax dan berita bohong ini dalam poliik ialah ada tiga aktor yang utama yakni politisinya harus mengedepankan politik etis, produksi hoax, dan berita bohong ini adalah tren global yang  berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi," sambung Taufik.

Ia pun mengimbau kepada para politisi agar saling memiliki tanggung jawab etis lantaran semua yang diucapkan dan diperbuat, akan diikuti pendukung di akar rumput.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More