Forgot Password Register

Politisi PDIP Sebut Pemilu 2019 Bertensi Tinggi Dibanding Sebelumnya, Kenapa?

Politisi PDIP Sebut Pemilu 2019 Bertensi Tinggi Dibanding Sebelumnya, Kenapa? Pemilu (Ilustrasi: Pantau.com/Amin H Al Bakki)

Pantau.com - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko menyebut Pilpres 2019 akan memiliki tensi yang lebih tinggi jika dibandingkan pemilu sebelumnya.

"Tensi semakin tinggi karena sosial media saat ini semakin banyak," ucap Budiman dalam acara Diskusi Publik bertema "Buzzer Politik di Media Sosial, Efektifkah?" yang diselenggarakan Lingkar Studi Politik Indonesia (LSPI) di Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Baca juga: Video Plesetan Lagu 'Potong Bebek Angsa' Disebut Kreativitas, Rian PSI Bingung

Salah satu faktor penyebab kian memanasnya tensi pada Pilpres 2019, kata Budiman, yaitu semakin banyaknya aplikasi-aplikasi media sosial yang dapat digunakan untuk mempromosikan calon presiden-calon wakil presiden kepada masyarakat.

Bahkan, Budiman juga sempat menyinggung pesta demokrasi di Amerika Serikat yang dimenangkan Donald Trump berkat teknologi media sosial yang dimanfaatkan dengan optimal.

"Pilpres Amerika adalah proses Demokrasi yang sangat optimal dalam memanfaatkan teknologi psikologi," kata Budiman.

Baca juga: Augie Sebut Ada Oknum Polisi Menjadi Calo Tiket Asian Para Games, Ini Kata Polda Metro

Lebih lanjut, dengan banyaknya media sosial yang dapat dengan mudah digunakan akan dapat memengaruhi orang banyak baik secara negatif maupun positif. 

Terpisah, Pengamat Politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad membenarkan hal itu. Menurutnya Indonesia memilik potensi yang besar terkait perbincangan politik di media-media sosial saat ini.

"Saya ingin katakan bahwa Indonesia punya basis untuk munculnya perbincangan di media sosial dalam politik," kata Saidiman.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More