Forgot Password Register

Presiden Jokowi Telah Kantongi Tiga Nama Cawapres Potensial

Presiden Joko Widodo (Foto: Antara) Presiden Joko Widodo (Foto: Antara)

Pantau.com - Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menyebut Joko Widodo telah mengantongi tiga nama calon wakil presiden yang telah disaring dan dikomunikasikan ke parpol koalisi.

"Kalau Nasdem bilang (cawapres) sudah di saku presiden, saya kira ada 3 nama, dugaan kami," ujar Hendrawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Baca juga: Zulhas-Gatot Bertemu, Fadli Zon Tetap 'Pede' PAN Koalisi dengan Gerindra

Ketiga nama itu, kata Hendrawan, tak lepas dari adanya faktor kedekatan Jokowi terhadap tokoh-tokoh tersebut. Sehingga memiliki peluang besar untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

"Priority list (tiga nama) karena ada unsur kedekatan chemistry kecocokan," ujar Hendrawan.

Hendrawan mengatakan, sebelum parpol koalisi Jokowi mengerucutkan nama, sebelumnya pihaknya telah menyediakan tiga daftar kategori cawapres Jokowi, diantaranya long list, short list dan priority list.

"Long list adalah daftar yang menampung orang-orang yang menampung figur-figur dan layak menjadi calon wakil presiden, jumlahnya 15 sampai 20 orang," katanya.

Baca juga: Zulkifli Hasan Bertemu Gatot Nurmantyo, Bahas Capres 2019?

Sedangkan short list ialah lebih kepada nama-nama yang dikerucutkan dengan berdiskusi bersama para pimpinan parpol koalisi.

"Jumlahnya antara 5 sampe 10, kalau short list ini sudah disampaikan oleh Pak Jokowi dan dianggap memiliki kedekatan maka itu masuk priority list jumlahnya 1 sampai 3 orang," katanya.

Kendati demikian, Hendrawan tidak dapat menyebutkan nama-nama tersebut.

"Yang long list itu kami tahu, tapi short list dan priority list kami enggak tau, karena short list dan priority list kewenangan ketua umum," pungkasnya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More