Forgot Password Register

PSI Lakukan 'Bersih-bersih DPR' saat Sambangi Kompleks Parlemen, Apa Maksudnya?

PSI Lakukan 'Bersih-bersih DPR' saat Sambangi Kompleks Parlemen, Apa Maksudnya? PSI mendatangi gedung DPR (Foto:Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melalui para calegnya menyambangi Kompleks DPR RI pada Jumat (7/12/2018). Mereka mengaku datang ke DPR untuk mewujudkan parlemen yang transparan dengan gerakan 'Bersih-Bersih DPR'.

Caleg PSI, Mikhail Gorbachev Dom mengatakan, dalam kedatangannya ini mereka membawa surat permohonan permintaan laporan penggunaan anggaran oleh anggota dewan. Hal ini menurutnya yang menjadi perwujudan transparansi DPR.

Baca juga: PSHK Sebut Ucapan Ketum PSI Soal Perda Syariah Termasuk Janji Politik

"Kita datang dalam rangka hari Anti Korupsi Internasional, jadi kita mau mendorong transparansi DPR," kata Gorba.

Sementara data yang diminta para caleg PSI ini meliputi penggunaan anggaran kunjungan kerja, dan pengalokasian penggunaan dana reses atau kunjungan ke konstituen anggota dewan. Menurutnya hal itu belum diketahui masyarakat awam.

Lebih lanjut, partai besutan Grace Natalie ini juga menilai kinerja DPR belum efisien dalam hal pengesahan Undang-undang. Menurutnya di Program Legislasi Nasional (Prolegnas) periode saat ini Rancangan Undang-undang (RUU) dianggap masih banyak yang mandek.

"KPK kemarin bilang kalau misalnya Anggota DPR itu nggak kerja, nggak bikin Undang-undang, nggak selesai Undang-undangnya dari prolegnas itu mendingan mereka nggak di gaji aja, ini kita ke sini dalam rangka itu," ungkapnya.

Sementara di sisi lain, Gorba menilai bahwa pengesahan Undang-undang merupakan hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya dalam tatanan bernegara kuantitas dan kualitas sebuah Undang-undang harus berimbang.

Baca juga: PSI Sebut Amien Rais 'Amnesia' Jika Berani Jewer Ketum Muhammadiyah

"Dua-duanyanya harus ya. Jadi Undang-undang itu harus kuantitasnya juga memenuhi secara  kualitasnya juga," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More