Pantau Flash
FKUB Minta Pemprov Papua Gandeng Ulama saat Investigasi di Jawa Timur
Minta Penjelasan Soal Pajak IMEI, Sri Mulyani akan Datangi Menkominfo
Wali Kota Depok Pilih Gabung DKI Jakarta Ketimbang Provinsi Bogor Raya
Kondusif, Pertamina Kembali Salurkan BBM di Manokwari, Sorong, dan Jayapura
Wiranto Sebut Situasi Keamanan di Papua Sudah Kondusif

Psstt Awas Ngiler... Ada yang Cihuy Nih saat Pencoblosan di Chicago AS

Psstt Awas Ngiler... Ada yang Cihuy Nih saat Pencoblosan di Chicago AS Surat Suara. (Foto: Antara)

Pantau.comKuliner Indonesia seperti cendol durian dan nastar disuguhkan kepada para WNI yang ikut mencoblos surat suara Pemilu 2019 di Chicago, Amerika Serikat.

Sebanyak 471 orang WNI mencoblos di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang dibuka di Pusat Kebudayaan Indonesia, Chicago pada Sabtu 13 Apil 2019 waktu setempat. Dengan tertib, mereka mengantri sejak pukul 08.00 pagi untuk memberikan suaranya, demikian pernyataan tertulis KJRI Chicago, Senin (15/4/2019).

“Antreannya panjang tetapi tidak terasa soalnya bisa ketemu teman-teman di sini. Tambah asyik, karena ada cendol durian dan nastar, ”ujar Ivan, mahasiswa Indonesia yang tinggal di Urbana, dan ikut menyalurkan hak pilihnya di TPSLN Chicago.

Baca juga: Ratusan WNI Gunakan Hak Suara Pemilu di Afrika Selatan

Ivan dan teman-teman beralih dua jam perjalanan dari Urbana untuk menuju Chicago. Dengan semangat nasionalisme yang tinggi, menentang WNI di Midwest menempuh perjalanan jauh untuk bisa menggunakan hak pilih mereka.

Bagi mereka, pemilu bukan hanya pesta demokrasi tetapi merupakan peluang untuk bisa bertemu dan berpartisipasi dengan masyarakat Indonesia lainnya.

Pada kesempatan seperti inilai mereka dapat melepaskan kerinduan terhadap Tanah Air.

KJRI Chicago, Panwaslu Chicago, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Chicago mengatur penyelenggaraan pemilu untuk masyarakat Indonesia di Midwest dapat dilaksanakan dengan baik, tertib dan transparan.

Baca juga: Berpakaian Adat Tradisional, Petugas TPS di Korsel Curi Perhatian

“Partisipasi pemilih Chicago tahun ini meningkat 300 persen dibandingkan yang datang ke TPS pada 2014. Oleh karena itu, kami senangi kepada masyarakat Indonesia di Midwest, yang telah memberikan dukungan bagi terselenggaranya pemilu dengan perbaikan dan tertib hari ini,” kata Ketua PPLN Chicago Martino Tangkar.

Selain diawasi oleh Panwaslu, pemilu di Chicago juga dihadiri pemilihan dari paslon 01, paslon 02, juga partai politik.

Pada pukul 18.00 sore, pemilih terakhir memasukkan surat suaranya dan kotak suara pun resmi disegel. Seluruh surat suara, termasuk yang diterima melalui pos, akan dihitung Rabu 17 April 2019 mendatang. Penghitungan ini akan dilakukan di Pusat Kebudayaan Indonesia, Chicago, sejak pukul 08.00 pagi.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: