Pantau Flash
Said Aqil kepada Polisi: Kita Selama Ini Terlalu Ramah pada Teroris
Bintang K-Pop Sully eks 'f(x)' Ditemukan Meninggal di Apartemennya
Awas! Pria Gemuk Dua Kali Lebih Berisiko Terkena Kanker Payudara
MPR Putuskan Pelantikan Presiden 20 Oktober Pukul 14.30 WIB
Guru Besar Politik UI: Idealnya Koalisi Pasca Pemilu Tidak Berubah

Rangkaian Kereta LRT Jabodetabek Tiba di Jakarta 12 Oktober

Rangkaian Kereta LRT Jabodetabek Tiba di Jakarta 12 Oktober Kereta LRT Jakarta (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadila)

Pantau.com - Rangkaian kereta untuk LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi) diperkirakan tiba di Jakarta dari Madiun pada Sabtu (12/10/2019).

"Trainset (rangkaian kereta) sedang proses pengiriman dari PT INKA di Madiun untuk diserahkan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI), diperkirakan Sabtu 12 Oktober 2019 tiba di Jakarta," ujar Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk, P. Noegroho, Rabu (9/10/2019).

Selain itu dia juga menambahkan bahwa sampai dengan 4 Oktober 2019, progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap pertama telah mencapai 66,13 persen. Progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 1 dengan rute Cawang-Cibubur telah mencapai 85,7 persen.

Baca juga: Kursi Tanpa Busa LRT Jadi Kontroversi, Menurut Kamu?

Sedangkan progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 2 dengan rute Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 56,1 persen.

Untuk progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 3 dengan rute Cawang-Bekasi Timur mencapai 59,5 persen.

"Secara umum permasalahan sudah diatasi bersama para pihak, hanya tinggal beberapa titik yg masih proses pembebasan," kata P. Noegroho.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi) akan dilakukan akhir Oktober seiring dengan pengiriman bertahap rangkaian kereta oleh PT INKA (Persero).

Baca juga: Kabar Baik, Stasiun LRT Pegangsaan Dua Beroperasi Mulai Besok

Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa uji coba LRT Jabodebek akan dilakukan untuk trayek Cibubur-Cawang. Pemerintah memiliki waktu sekitar dua tahun untuk melakukan uji coba operasi LRT Jabodebek sebelum beroperasi komersial pada November 2021 mendatang.

Ia mengatakan waktu uji coba LRT Jabodebek yang panjang memang diperlukan agar operasional transportasi massal itu bisa optimal. Hal itu juga perlu dilakukan merujuk pada lamanya uji coba yang dilakukan di MRT Jakarta dan LRT Palembang.

Uji coba operasi LRT Jabodebek akan dimulai meski progres pembangunan belum sepenuhnya rampung.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: