Forgot Password Register

Headlines

Rupanya NPWP Juga Ada yang Tak Aktif Sobat Pantau

Rupanya NPWP Juga Ada yang Tak Aktif Sobat Pantau Kartu NPWP (Foto: Antara/Nani Suherni)

Pantau.com - Buat kalian yang baru menjadi karyawan, jangan kaget kalau pihak kantor meminta ada membuta NPWP. Apa itu NPWP? nama panjangnya yakni Nomor Pokok Wajib Pajak. 

Apa fungsinya? NPWP sangat dibutuhkan sebagai identitas anda dalam bidang perpajakan. Dalam dunia perpajakan, orang pribadi maupun badan/lembaga akan dengan mudah dikenali jati dirinya apabila telah memiliki NPWP.

Jika Anda telah memilikinya, setidaknya ada tiga manfaat utama, yaitu, sebagai sarana dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakan, memudahkan pengawasan administrasi perpajakan dan sebagai prasyarat untuk mendapatkan layanan publik/umum, seperti permohonan pembukaan rekening bank, mendapatkan pinjaman pada lembaga keuangan, pembuatan paspor, mendapatkan tender/proyek, dan lain-lain.

Baca juga: Bangun Pasar di PLBN Terpadu Skouw, Basuki: Jual Beli Emas, Bukan Hanya Chiki

Rupanya, NPWP juga ada yang tak aktif sobat Pantau. Agar NPWP anda tetap aktif, ada harus melakukan pelaporan secara periodik atau berkala. Secara umum, periode pelaporan dalam sistem perpajakan di Indonesia hanya ada dua, tahunan dan bulanan.

Aktivitas yang dilakukan ‘sebatas’ merekapitulasi data dan memindahkannya dalam format yang ditentukan baik melalui aplikasi offline maupun online.

Baca juga: Wow! Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Tertinggi ke-9 di Dunia

Namun, satu hal yang patut menjadi perhatian kita semua adalah sanksi/denda yang timbul apabila kita tidak atau terlambat melakukan pelaporan. Terdapat tiga variasi besaran denda terkait pelaporan, yaitu Rp100 ribu, Rp500 ribu dan Rp1 juta. 

Namun, apabila anda sudah memiliki NPWP dan yakin belum pernah melakukan pembayaran dan/atau pelaporan (baik bulanan maupun tahunan) minimal selama dua tahun berturut-turut, ada kemungkinan besar NPWP tersebut sudah non efektif.

Mengapa? Karena DJP (Direktorat Jenderal Pajak) diberikan kewenangan secara jabatan atau tanpa permohonan dari WP (wajib pajak) untuk meneliti dan memutuskan status NPWP seseorang, apakah dinonaktifkan atau tetap aktif.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More