Forgot Password Register

Selamatkan Kesepakatan Nuklir, Uni Eropa Tolak Ultimatum Iran

Selamatkan Kesepakatan Nuklir, Uni Eropa Tolak Ultimatum Iran Ilustrasi (Foto: Reuters)

Pantau.com - Negara-negara di Eropa menyatakan mereka ingin tetap menyelamatkan kesepakatan nuklir dan menolak ultinatum Teheran, setelah Iran mengacam akan mengambil tindakan yang melanggar Pakta Internasional 2015.

Melansir Reuters, Jumat, 10 Mei 2019, Uni Eropa, Inggris, Prancis, dan Jerman, yang menandatangani kesepakatan itu menyatakan memberikan perhatian serius terhadap langkah Iran. Dibawah kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), Iran sepakat membatasi aktivitas nuklir agar sanksinya diperingan.

"Kami menolak setiap ultinatum dan kami akan menilai kepatuhan Iran terkait dengan komitmen nuklirnya," demikian sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Uni Eropa, Kamis, 9 Mei 2019.

Baca juga: Iran Tarik Diri dari Perjanjian Nuklir JPCOA, PBB Angkat Bicara

"Kami bertekad untuk terus mengejar upaya memungkinkan kelanjutan perdagangan yang sah dengan Iran," tambahnya.

"Kami menyarankan Iran untuk melanjutkan implementasi komitmen sesuai dengan JCPOA yang telah dilaksanakan hingga sekarang dan menahan diri dari segala langkah eksklasi," demikian keterangan mereka.

Sebagai tanggapan, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, Uni Eropa harus menegakkan kewajiban mereka dalam kesepakatan nuklir dengan Iran dan menstabilkan ikatan ekonomi meski ada sanksi AS, bukan untuk menuntut Iran secara sepihak dan mematuhi persetujuan multilateral.

Baca juga: Ketegangan Nuklir Meningkat, Trump Perintahkan Sanksi Baru bagi Iran

Iran sebelumnya menyatakan akan menunda dua komitmen sesuai dengan kesepakatan 2015. Teheran juga mengancam akan melanjutkan pengayaan uranium jika bangsa-bangsa dalam kesepakatan itu tidak memenuhi janjinya dan sanksi AS dalam waktu 60 hari.

Kesepakatan nuklir mengharuskan Iran untuk menghentikan pengayaan uranium dalam pengembangan program bom nuklir, dengan imbalan penghapusan sanksi internasional. Serangkaian inspeksi PBB di luar perjanjian telah memverifikasi bahwa Iran memenuhi komitmennya.

Iran selalu menyangkal bahwa negaranya mencari senjata nuklir dan mengatakan ingin mematuhi kesepakatan nuklir.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More