Forgot Password Register

Soal Brexit, Menkeu Inggris: Keluar Tanpa Kesepakatan Bukan Tujuan Pemerintah!

Soal Brexit, Menkeu Inggris: Keluar Tanpa Kesepakatan Bukan Tujuan Pemerintah! Philip Hammond. (Foto: Reuters/Adriano Machado)

Pantau.com - Menteri Keuangan Inggris Philip Hammond mengatakan Brexit tanpa kesepakatan akan mencederai kepentingan rakyat Inggris, meski menolak berkomentar mengenai respons pemerintah bila parlemen menolak mendukung rencana Brexit-nya, pada Kamis (10/1/2019).

Dengan kurang dari tiga bulan menjelang tenggat waktu keluarnya Inggris dari Uni Eropa, parlemen Inggris pada Rabu (9 Januari 2019) memulai sidang lima hari yang membahas kesepakatan Perdana Menteri Inggris Theresa May dengan UE jelang pemungutan suara di majelis rendah Selasa depan.

Baca juga: Wakil PM Irlandia Beberkan Dampak Brexit Tanpa Kesepakatan untuk Negaranya

May menolak mundur dari kesepakatan yang ia buat, yang menetapkan hubungan erat perdagangan dengan UE setelah meninggalkan blok itu pada Maret mendatang, memicu pemungutan suara parlemen yang diperkirakan membuatnya kalah.

"Saya yakin bahwa pekerjaan saya adalah untuk menjaga kemakmuran dan kepentingan rakyat Inggris dan saya memastikan bahwa keluar tanpa kesepakatan tidak menjadi tujuan pemerintah," kata Hammond di jamuan tahunan yang digelar produsen pesawat Eropa Airbus.

Para anggota parlemen Inggris meminta pemerintah menerapkan rencana B dalam beberapa hari jika kesepakatan May untuk meninggalkan UE ditolak parlemen.

Baca juga: Theresa May vs Parlemen Inggris Soal Brexit Deadlock, UE Siap Turun Gunung

Ditanya mengenai cara pemerintah menghindari Brexit tanpa kesepakatan, Hammond mengatakan kepada Reuters, "Kami bersikeras untuk mendapatkan kesepakatan. Kami butuh kesepakatan yang memungkinkan kita untuk melanjutkan kerja sama dan melakukan proses keluar yang baik dan terarah dan kami akan memastikannya." Sekutu-sekutu May mengatakan tidak ada rencana B yang akan menghentikan kebuntuan parlemen.

Hammond berbicara setelah kepala eksekutif Airbus Tom Enders meningkatkan tekanan di jajaran pengambil keputusan untuk mengakhiri berbulan-bulan ketidakpastian mengenai istilah keluarnya Inggris. Brexit keras tanpa kesepakatan bisa berimbas pada masa depan investasi Airbus di Inggris, papar Enders.

Hammond mengatakan pekerjaan pemerintah Inggris adalah memastikan keberlangsungan bisnis negara ini di masa depan. Airbus berencana menetapkan Brexit tanpa kesepakatan sebagai skenario patokan mereka, menurut sebuah memo pegawai pada November.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More