Forgot Password Register

Sosok Kapten Timnas Kroasia, dari Daerah Konflik hingga Jadi Bintang

Sosok Kapten Timnas Kroasia, dari Daerah Konflik hingga Jadi Bintang Luca Modric. (Foto: Reuters/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Pantau.com - Daerah Konflik selalu menghadirkan teror dan ketidaknyamanan bagi setiap orang yang hidup di sana. Salah satunya terjadi saat perang Balkan meletus, namun Zadar yang merupakan salah satu daerah di Kroasia, merupakan wilayah yang sangat aman dan nyaman.

Luka Modric memiliki kenangan indah di sebuah kota yang berada di pesisir laut Adriatik, Kroasia itu. Saat perang berkecamuk, ia bersama keluarganya mengungsi di sebuah Hotel Kolovare. Di tempat itu pula ia tumbuh kembang hingga berusia 14 tahun sebelum dikontrak oleh salah satu klub elit, Dinamo Zagreb.

“Saya memiliki kehidupan seperti anak-anak lainnya, kami melakukan sesuatu yang menyenangkan dan selalu bermain sepakbola. Saya hanya memiliki kenangan indah tentang masa kecil saya di sini (Zadar),” ujar Modric dikutip dari Marca.

Baca Juga: Sempurna di Penyisihan Grup, Kroasia Bakal Ulangi Memori 1998?

Sang Guru

Saat berada di Zadar, Modric didaftarkan oleh ayahnya untuk bergabung dengan tim lokal. Setelah menghabiskan tujuh tahun, Modric muda bertemu dengan Tomislav Basic yang dianggap sebagai seorang guru.

Saat itu Hajduk Split merupakan klub yang dianggap tepat bagi Modric untuk membangun karier sepakbolanya. Namun, Basic mengatakan apabila dirinya belum cukup bagus untuk Split, namun ia menganjurkan pemain kelahiran 9 September 1985 itu untuk bergabung dengan Dinamo Zagreb.

“Dialah yang merekomendasikan saya ke Dinamo Zagreb.  Jujur bagi saya ia adalah seorang ayah di dalam olahraga ini. Terlepas dari keluarga saya, orang tua dan orang-orang yang dekat dengan saya, dia adalah satu-satunya yang selalu percaya kepada saya,”ujar Modric tentang Basic yang meninggal pada 2014. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More