Pantau Flash
Kata Mahfud, KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden
Soal Revisi UU Minerba, Jonan: Pernyataan Pemerintah Bisa Pengaruhi Harga
Suasana Memanas, OKI Gelar Pertemuan Luar Biasa Bahas Aksi Paksa Israel
Jokowi Diminta untuk Segera Melantik 5 Pimpinan Baru KPK
Rizki/Della ke Final Vietnam Open 2019, Anggia/Pia Terhenti

Sulit Atasi Kulit Kamu yang Kering? Coba Deh 5 Bahan Alami Ini

Headline
Sulit Atasi Kulit Kamu yang Kering? Coba Deh 5 Bahan Alami Ini Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Memiliki kulit kering pastinya akan terasa menjengkelkan. Kulit kering yang terjadi pada tungkai kaki misalnya, membuat iritasi, gatal, dan sensasi terbakar pada kulit. Tak masalah jika kamu mengenakan celana pendek atau skinny jeans, kaki cenderung selalu gatal. 

Kulit kering sebenarnya hanyalah lapisan sel kulit mati yang terakumulasi di permukaan kulit luar untuk jangka waktu yang lama. Untuk mencegah kulit kering dan bersisik pada kaki, kamu bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini di rumah, seperti dilansir dari Boldsky.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu solusi terbaik yang dapat membantu mengobati kulit kering dan bersisik pada kaki. Karena tingginya jumlah antioksidan dan vitamin yang ditemukan dalam minyak zaitun, dapat membantu menjaga kaki terhidrasi dan melembapkan dalam jangka waktu lama.

Metode penggunaan: Ambil beberapa minyak zaitun extra virgin dan oleskan pada kaki sebelum mandi. Tunggu selama 30 menit dan kemudian bersihkan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa minyak zaitun ke kaki sebelum mengoleskan pelembab atau krim biasa.

2. Krim susu

Kandungan asam laktat yang terdapat dalam susu krim sangat penting untuk mengobati kulit kering dan terkelupas. Hal ini dapat membantu melembabkan kulit dalam jangka waktu yang lama.

Metode penggunaan: Ambil dua sendok susu dan tambahkan beberapa tepung gram ke dalamnya. Campur kedua bahan itu bersama-sama, kemudian oleskan masker ini ke kaki kamu. Tunggu beberapa saat lalu bersihkan dengan air dingin.

3. Minyak kelapa

Asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa, dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi dalam jangka waktu yang lama.

Cara penggunaan: Ambil beberapa minyak kelapa dan oleskan secara tebal pada kaki. Tunggu setidaknya satu jam dan bersihkan dengan air dingin. Sementara itu, cara lain untuk menggunakan minyak kelapa untuk kulit kering adalah dengan memanaskan beberapa minyak kelapa dan minyak zaitun, sambil memijat kaki dengan perlahan. Jika sudah, cuci dengan air.

Baca juga: Benarkah Teh dan Kopi Punya Manfaat yang Sama?

4. Alpukat

Salah satu cara termudah untuk merawat kulit kering dan bersisik pada kaki adalah dengan menggunakan alpukat. Alpukat mengandung sejumlah besar asam lemak dan vitamin yang membantu mengobati kekeringan secara efektif.

Metode penggunaan: Ambil satu alpukat lalu tumbuk dan haluskan, kemudian tambahkan susu serta madu ke dalamnya. Campur semua bahan dan oleskan masker ini ke kaki. Tunggu selama satu jam dan bersihkan dengan air dingin.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah ramuan penghidrasi lain yang membantu menyingkirkan kulit kering pada kaki. Karena asam malat yang ditemukan dalam cuka sari apel, akan membantu mengelupas kulit secara mendalam, sehingga mencegah kekeringan pada kulit.

Cara penggunaan: Ambil setengah cangkir cuka sari apel dan tambahkan ke dalam wadah berisi air. Selanjutnya rendam kaki di air ini selama 15 menit. Tunggu beberapa saat dan bersihkan dengan air dingin.


Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH
Category
Ragam