Forgot Password Register

Headlines

Survei SMRC: Jokowi-Ma'ruf Unggul 19,8 Persen Atas Prabowo-Sandi

Survei SMRC: Jokowi-Ma'ruf Unggul 19,8 Persen Atas Prabowo-Sandi Rilis survei SMRC (Foto: Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis hasil survei terkait Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Alhasil, elektabilitas pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut satu Joko Widodo - Ma'ruf Amin kembali unggul.

Elektabilitas Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebesar 56,8 persen. Sedangkan, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno sebesar 37 persen. Data tersebut merupakan hasil surveri yang dilakukan selama 5-8 April 2019.

Baca juga: Survei SMRC: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 54,9%, Prabowo-Sandi 32,1%

Meski demikian, dari hasil survei itu masih terdapat sekitar 6,3 persen responden yang belum atau merahasiakan pilihannya.

"Secara statistik, Jokowi - Ma'ruf Amin unggul sekitar 19,8 persen dari Prabowo - Sandi," ucap Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, Jumat (12/4/2019).

Selain itu, kata Deni, dari dua kali survei yang telah dilakukan SMRC, tercatat bahwa pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin perolehan elektabilitas lebih stabil.

Sedangkan, untuk pasangan Prabowo - Sandiaga Uno dinilai mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya.

"Elektabilitas Jokowi-Amin relatif stabil dari 57,6 persen sampai 56,8 persen. Lalu Prabowo-Sandi ada perubahan positif dalam dua bulan dari 31,8 persen menjadi 37 persen. Untuk responden yang tidak tahu atau merahasikan pilihannya turun dari 10,6 persen sampai 6,3 persen," papar Deni.

Baca juga: Survei SMRC: Cawapres Belum Signfikan Berikan Efek Elektoral

Survei SMRC melibatkan 2.568 orang dari seluruh provinsi di Indonesia. Namun, responden yang berhasil diwawancarai hanya 2.285 orang, dengan Margin of Error survei 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.



Share :
Komentar :

Terkait

Read More