Forgot Password Register

Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran, Amerika Serikat Dimaki Rusia

Bendera Rusia. (Foto: Pixabay) Bendera Rusia. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kementerian luar negeri Rusia sangat kecewa dengan keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.

"Tidak ada, dan tidak bisa, dasar untuk merusak rencana aksi komprehensif bersama (JCPOA). Rencana itu telah menunjukkan kedayagunaannya secara penuh," bunyi pernyataan Kemlu Rusia tersebut, Selasa 8 Mei 2018 waktu setempat.

Menurutnya, AS telah meremehkan kesepakatan dunia tentang menjaga stabilitas nuklir di dunia internasiaonal.  "Amerika Serikat meremehkan kepercayaan internasional pada Badan Energi Atom Internasional."

Baca juga: Donald Trump Tegaskan Amerika Serikat Mundur dari Kesepakatan Nuklir Iran

Kementerian mengatakan pihaknya terbuka untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan para anggota kesepakatan Iran lainnya dan akan terus secara aktif membangun hubungan bilateral dengan Teheran.

Sebelumnya diberitakan Pantau.com, Presiden Donald Trump mengatakan, Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Kesepakatakan tersebut merupakan perjanjian bersejarah pada tahun 2015 lalu. 

Keputusan itu diungkapkan Trump dalam pidato yang disiarkan melalui televisi. Ia menambahkan bahwa dirinya tidak akan menandatangani surat pelepasan sanksi-sanksi atas Iran terkait nuklir.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More