Forgot Password Register

Terjawab Sudah, Donald Trump-Kim Jong Un Bertemu 12 Juni di Singapura

Terjawab Sudah, Donald Trump-Kim Jong Un Bertemu 12 Juni di Singapura Donald Trump dan Kim Jong Un. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Para pemimpin Amerika Serikat dan Korea Utara akan bertemu untuk pertama kali saat Presiden Donald Trump dan Kim Jong Un mengadakan pertemuan puncak pada 12 Juni di Singapura.

Di negara itu, AS akan berusaha membujuk Pyongyang untuk menghentikan program senjata nuklir.

"Pertemuan yang sangat ditunggu-tunggu antara Kim Jong Un dan saya sendiri akan dilakukan di Singapura pada 12 Juni. Kami berdua akan berusaha membuat (pertemuan) itu sebagai momen yang sangat spesial bagi Perdamaian Dunia," tulis Trump di Twitter seperti dikutip Pantau.com, Jumat (11/5/2018).

Baca juga: Trump Pastikan Tiga Warga AS yang Disandera Korut Telah Bebas

Keterangan itu diumumkan Trump hanya beberapa jam setelah tiga warga negara Amerika Serikat yang ditahan di Korea Utara tiba di pangkalan militer AS. Ketiganya dibebaskan oleh Kim sebagai isyarat baik menjelang pertemuan puncak.

Trump pun percaya kini Kim telah menjadi sosok yang lebih dewasa. "Menurut saya, kita punya kesempatan sangat baik untuk melakukan sesuatu yang sangat berarti," kata Trump.

Baca juga: 'Tamparan' Keras Obama untuk Donald Trump

Kim baru-baru ini berjanji akan menghentikan uji coba nuklir serta menutup lokasi uji coba bom nuklir.

Secara teknis, Korea Utara masih berperang dengan Amerika Serikat dan sekutunya, Korea Selatan, karena Perang Korea 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian.

Pemilihan Singapura sebagai tempat pertemuan Trump-Kim akan memberikan suasana bersahabat bagi Trump karena negara pulau itu merupakan sekutu kuat AS dan Angkatan Laut AS kerap berkunjung ke pelabuhan negara itu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More