Pantau Flash
Harga Emas Jatuh Dipicu Kuatnya Dolar AS
Menko Kemaritiman dan Investasi Dukung Ekspor Benih Lobster
Marcus/Kevin Perpanjang Rekor Buruk Jumpa Endo/Watanabe
10 Tempat Kerja Terbaik di Singapura, Google Nomor 1
Iwan Bule Sebut Penggawa Timnas U-22 Bisa Bela Tim Senior

Terkuak, Ini 5 Fakta di Balik Lukisan Monalisa yang Melegenda

Terkuak, Ini 5 Fakta di Balik Lukisan Monalisa yang Melegenda Lukisan Mona Lisa. (Foto: DPA)

Pantau.com - Siapa yang tidak mengenal lukisan Mona Lisa, karya seni dari pelukis legendaris asal Italia bernama Leonardo Da Vinci ini masih menjadi misteri hingga sekarang. Lukisan ini dibuat menggunakan minyak yang di goreskan diatas kayu poplar pada abad ke 16. Hingga saat ini lukisan Mona Lisa masih menjadi salah satu karya seni paling terkenal dan paling berharga di seluruh dunia.

Lukisan Mona Lisa meninggalkan banyak misteri yang belum terungkap, salah satunya ialah sosok dibalik lukisan tersebut. Meskipun banyak penelitian telah dilakukan, namun sampai detik ini belum ada yang bisa mengungkapkan siapa sebenarnya sosok dibalik lukisan Mona Lisa.

Selain misteri sosok dari lukisan Mona Lisa, ada beberapa hal lain yang mulai terpecahkan dari misteri lukisan yang legendaris ini. Berikut adalah 5 fakta mencengangkan dibalik lukisan Mona Lisa yang jarang orang tahu

1. Sosok Perempuan di Lukisan Monalisa


(Lukisan Mona Lisa. (Foto: Imago/Cinema Publishers Collection)

Banyak spekulasi yang mencuat tentang siapa sebenarnya sosok dibalik lukisan karya Leonardo da Vinci ini. Beberapa teori mengemukakan jika model yang ada pada lukisan Mona Lisa tersebut merupakan sosok laki-laki dan perempuan yang di padu padankan menjadi satu. Ada juga teori lain yang menyatakan jika Mona Lisa yang sebenarnya adalah Lisa del Giocondo, yaitu istri dari seorang pedagang kain sutra yang berasal dari Firenze. Meski bagaimanapun, lukisan karya Leonardo da Vinci yang sudah berumur lebih dari 500 tahun ini menjadi simbol kejayaan seniman abad 16.

Baca Juga: 5 Hotel Unik Tapi Menyeramkan, Cocok Buat Kamu yang Punya Nyali

2. Kembaran Lukisan Mona Lisa


(Lukisan Mona Lisa. (Foto: dapd)

Bukan hanya satu, ternyata ada lukisan lain yang sama persis dengan lukisan Mona Lisa, kembarannya tersebut saat ini dipajang di Museo del Prado Madrid sejak tahun 2012 lalu. Menurut ahli sejarah, replika lukisan Mona Lisa dibuat pada waktu yang sama saat Mona Lisa yang asli dilukis oleh Leonardo da Vinci. Pasalnya, setelah direstorasi tampak pemandangan Italia yang sama di latar belakang lukisan itu. Diperkirakan, pelukis replika tersebut bernama Francesco Melzi, yang tidak lain adalah murid dari Leonardo da Vinci.

3. Lukisan Mona Lisa Menghilang


(Lukisan Mona Lisa. (Foto: picture alliance/Mary Evans Picture Library)

Lukisan Mona Lisa sempat menghilang selama dua tahun karena di curi dari Museum Louvre pada tahun 1911. Pihak Museum melakukan investigasi dan berhasil menangkap pelaku pencurian yang ternyata seorang warga Italia yang tinggal di Paris, Prancis. Pencuri tersebut berniat membawa lukisan Mona Lisa ke Italia, namun belum sempat di pindahkan pihak museum sudah mengamankannya untuk segera dikembalikan ke Museum Louvre. Setelah lukisan tersebut kembali, banyak masyarakat dunia yang merasa penasaran dan ingin melihat lukisan Mona Lisa, hal tersebut berdampak dengan membludaknya pengunjung museum.

Baca Juga: 5 Pasar Terapung Paling Unik di Asia yang Masih Beroperasi hingga Sekarang

4. Menjadi Target Serangan


(Lukisan Mona Lisa. (Foto: picture-alliance/dpa/Godong/F. de Noyelle)

Begitu berharganya lukisan Mona Lisa, membuat banyak orang kerap melakukan teror terhadap lukisan tersebut. Diantaranya teror yang terjadi pada tahun 1956, dimana ada seseorang yang dengan sengaja melemparkan zat asam ke arah lukisan dan mencoba merusaknya, ada juga seorang turis dari Bolivia yang melemparkan batu kearah lukisan, namun hal tersebut tidak membuat lukisan Mona Lisa menjadi rusak atau berubah bentuk. Sejak kejadian itu, pemerintah Prancis mulai memperbaiki keamanan Museum, yaitu dengan meletakan lukisan Mona Lisa di balik kaca anti peluru.

5. Misteri Dibalik Senyuman Misterius Mona Lisa


(Lukisan Mona Lisa. (Foto: picture-alliance/dpa)

Pada tahun 2008, ahli lukisan dan sejarah berhasil mengungkap misteri di balik senyuman Mona Lisa yang misterius. Fakta mengungkapkan bahwa teknik yang di gunakan Leonardo da Vinci dalam membuat lukisan Mona Lisa disebut "sfumato", yaitu teknik melapiskan warna-warna yang berdekatan untuk menciptakan ilusi kedalaman, volume, dan bentuk. Teknik inilah yang membuat lukisan khususnya di bagian wajah Mona Lisa memiliki atmosfer yang misterius.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam