Pantau Flash
Ma'ruf Amin Minta Menag Sempurnakan Lagi PMA Majelis Taklim
5 Klub Perebutkan 2 Tiket Sisa ke 16 Besar Liga Champions
Patung Bung Karno Diresmikan di Stasiun Blitar
Hati-hati! KM 40-86 Tol Cipali Rawan Kecelakaan
Dana Program Keluarga Harapan Tetap Dicairkan Kemenkeu Awal 2020

Terungkap, Ini 5 Mitos Tentang Frozen Food yang Tidak Benar

Terungkap, Ini 5 Mitos Tentang Frozen Food yang Tidak Benar Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ada banyak orang di luar sana yang mengandalkan makanan beku atau frozen food sebagai salah satu pilihan yang cukup praktis. Membekukan makanan bisa membuat umur makanan itu lebih panjang, meskipun rasa dan kualitas makanan beku dapat berkurang dari waktu ke waktu.

Dan banyak di antara kita juga menilai buruk semua makanan beku itu. Tapi ternyata, mitos itu tak selalu benar. Berikut sejumlah mitos tentang makanan beku yang tidak benar dilansir dari Boldsky.

1. Mitos: Buah & Sayuran Beku Tidak Sehat

Ilustrasi (Pixabay)

Fakta: Membekukan buah-buahan dan sayuran mengunci nilai gizi sehingga tidak terdegradasi sampai Anda menggunakannya. Bahkan dikatakan bahwa buah-buahan dan sayuran beku mungkin memiliki lebih banyak nutrisi daripada sayuran segar. Pastikan bahwa saat membeli buah dan sayuran beku, mereka seharusnya tidak menambahkan garam dan gula di dalamnya.

Baca juga: 5 Makanan yang Dipercaya Ampuh Meningkatkan Gairah Seksual

2. Mitos: Membekukan Kembali Makanan Tidak Aman

Ilustrasi (Pixabay)

Fakta: Tergantung pada bagaimana Anda menangani makanan setelah dicairkan, apakah aman untuk dibekukan atau tidak. Jika Anda telah mencairkan makanan dengan aman di lemari es tidak di luar, Anda harus bisa memasukkannya kembali ke dalam lemari es dengan aman. Menjaga agar produk beku tetap dingin antara 40 derajat Fahrenheit dan 140 derajat Fahrenheit, tempat bakteri dapat berkembang dengan mudah selama lebih dari dua jam.

3. Mitos: Anda Tidak Bisa Membekukan Susu dan Telur

Ilustrasi (Pixabay)

Fakta: Anda bisa membekukan susu, keju, dan telur. Meskipun tekstur susu dan keju mungkin berubah sedikit, tetapi mereka aman dikonsumsi. Anda dapat membekukan susu, selusin telur, dan keju di dalam freezer tanpa khawatir akan rusak.

Baca juga: Ini Lho Manfaat Rutin Makan Tahu dan Tempe untuk Kesehatan

4. Mitos: Semua Makanan Beku Tinggi Sodium


Ilustrasi (Pixabay)

Fakta: Pakar kesehatan menyarankan untuk memindai label sebelum membeli produk makanan beku. Karena makanan beku ini terkadang mengandung natrium klorida atau garam sebagai bahan. Natrium hadir secara alami dalam makanan.

5. Mitos: Mencuci Makanan Beku Akan Mencairkannya dengan Aman

Ilustrasi (Pixabay)

Fakta: Ketika mencairkan makanan di dalam air, suhu adalah kuncinya. Mengalirkan air panas di atas makanan beku mungkin menjadi masalah karena bagian dari makanan Anda akan tetap beku dan bagian lainnya akan tetap panas. Ini akan menyebabkan memasak makanan tidak merata. Menggunakan air dingin dan mengganti air setiap setengah jam saat mencuci makanan beku direkomendasikan oleh USDA.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: