Forgot Password Register

Turki Peringatkan AS: Berbahaya Memberikan Sanksi pada Iran

Turki Peringatkan AS: Berbahaya Memberikan Sanksi pada Iran Menlu Turki Mevlut Cavusoglu bersama Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: Reuters/Leah Milles)

Pantau.com - Pada tanggal 5 November, Amerika Serikat memberlakukan saksi baru terhadap Iran, baik untuk kesatuan maupun perorangan. Turki pun buka suara soal sanski tersebut.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, sanksi yang dikeluarkan AS terhadap Iran bukan suatu solusi. Bahkan menurutnya, banyak negara lain yang bisa menerima dampak sanksi tersebut.

"Tidak hanya negara tetangga, tetapi banyak negara dari berbagai wilayah di dunia yang terkena dampak sanksi sepihak ini," kata Mevlut Cavusoglu, seperti yang dilansir dari Sputnik, Rabu (7/11/2018).

Baca juga: Mulai Gerah dengan Sanksi Konyol AS, Iran Pasang Sikap Masa Bodoh

Dia menambahkan, begitu berbahaya apabila AS mengisolasi Iran, dan tidak adil jika menghukum rakyatnya.

Sebelumnya, Departemen Keuangan AS telah mengumumkan sekitar 50 bank Iran dan cabang perusahaan mereka di luar negeri, 23 cabang perusahaan Organisasi Energi Atom Iran, serta 200 perorangan kapal industri pelayaran dan energi di negara itu akan jatuh setelah terpapar sanksi AS.

Baca juga:  Di Tengah Sanksi AS, Iran Sesumbar akan Tetap Menjual Minyaknya

Sementara itu, AS menawarkan keringanan sanksi kepada China, India, Italia, Yunani, Jepang, Korea Selatan dan Turki.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan bahwa 20 negara telah mengurangi impor minyak negaranya dari Iran, dan penurunan ekspor Teheran hingga 1 juta barel.

Pada bulan Mei, Amerika Serikat mengumumkan penarikan dari JCPOA, mengklaim bahwa Iran telah melanggar kesepakatan. Uni Eropa muncul dengan beberapa inisiatif untuk menjaga Iran dalam perjanjian multilateral. (Hazar Dwi Rahmat)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More