Pantau Flash
Indra Sjafri Siapkan Skema Adu Penalti Lawan Myanmar
Tok! Kemenhub Jatuhkan Denda ke Garuda Indonesia
Irjen Polisi Listyo Sigit Prabowo Jabat Kabareskrim Polri
Mahfud MD Soal Kebakaran Hutan: Indonesia Terhitung Paling Aman
Aldila Raih Emas Pertamanya di SEA Games 2019

Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Buah Semangka

Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Buah Semangka Makan Buah Semangka. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Penelitian yang dilakukan Dr. Arturo Figueroa, dari Florida State University, Amerika Serikat menemukan bahwa semangka kaya senyawa yang melebarkan pembuluh darah, dan bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Mengonsumsi sari buah semangka setiap hari cukup untuk menurunkan tekanan darah pada pasien penderita hipertensi, seperti dikutip dari Daily Mail.

Tekanan darah tinggi, meningkatkan risiko serangan jantung fatal atau stroke. Tetapi, semangka adalah sumber "L-citrulline" yang bisa dimakan, senyawa penting dalam memproduksi oksida nitrat, gas yang memperluas pembuluh darah.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Turunkan Resiko Darah Tinggi

Peneliti memberi para relawan memberi ekstrak "L-citrulline" dari semangka. Dosis yang diberikan 6 gram atau setara dengan satu sendok teh lebih. Semua partisipan mengalami prahipertensi, atau garis batas tekanan darah tinggi.

Setelah enam minggu, tinjauan meningkat pada seluruh sembilan partisipan, tak ada efek samping yang timbul. Namun, anda harus makan satu setengah semangka setiap hari untuk mendapatkan efek yang sama.

Mereka mengatakan penemuan ini menunjukkan bahwa buah semangka memiliki efek dilatasi (memperlebar pembuluh darah). Selain itu, buah yang satu ini juga bisa mencegah prahipertensi meningkat menjadi hipertensi, faktor risiko utama serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Efek Buruk Minuman Energi, Sebabkan Darah Tinggi Hingga Penyakit Jantung

Para peneliti menemukan bahwa semangka dengan daging buah berwarna oranye mengandung lebih banyak "L-citrulline" daripada yang berwarna merah. "Lycopene," pigmen yang memberi warna pada buah itu, dipercaya memiliki banyak manfaat. Mulai dari menangkal kanker hingga meningkatkan kesuburan.

Kedua jenis itu kaya vitamin A, B6 dan C dan tinggi serat. Semangka juga sumber kalium yang bagus, yang menurunkan tekanan darah. Senyawa "L-citrulline" juga tersedia dalam bentuk pil.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam