Pantau Flash
Voli Pantai Indonesia Melaju ke Semifinal Turnamen World Beach Games
KPK OTT Bupati Indramayu
PDIP Pasrahkan Kabinet ke Jokowi
AICHR Desak Diterapkannya Perjanjian ASEAN Soal Kabut Asap Lintas Batas
Tol Langit Diprediksi Tingkatkan Ekonomi Digital Indonesia Timur

Ulangi Capaian Satu Dekade, Ketum PP Pelti Apresiasi Tim Fed Cup Indonesia

Ulangi Capaian Satu Dekade, Ketum PP Pelti Apresiasi Tim Fed Cup Indonesia Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tennis Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tennis Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar, mengapresiasi pencapaian Tim Fed Cup Indonesia pada ajang Fed Cup 2019. Dimana skuad Merah Putih berhasil mempertahankan diri untuk tetap berlaga di Grup I Zona Asia/Oceania tahun depan.

Indonesia terpaksa harus rela melakoni babak playoff setelah hanya menempati posisi tiga di Pool B, Grup I Zona Asia/Oceania. Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan hanya mampu meraih satu kemenangan atas Pacific Oceania. Sedangkan, Indonesia harus takluk pada dua laga lainnya, kontra China dan Korea Selatan.

Beruntung, Tim Fed Cup Indonesia sukses mempertahankan diri di Grup I Zona Asia/Oceania setelah mengalahkan Thailand pada babak playoff. Indonesia sukses meraih kemenangan dengan skor akhir 2-1.

Baca Juga: Jelang Asian Games 2018, Ini Harapan Menpora untuk Cabor Tenis

Aldila Sutjiadi menjadi penyumbang poin pertama Indonesia saat itu. Ia sukses mengalahkan Nudnida Luangnam dengan skor 3-6, 6-0, dan 7-6 tie break 7-5.

Namun, Thailand mampu menyamakan kedudukan di partai kedua melalui Peangtarn Plipuech. Peangtarn sukses mengalahkan Beatrice Gumulya dengan 5-7, 6-4, dan 6-4.

Meski begitu, Indonesia berhasil memastikan diri bertahan di Grup I Zona Asia/Oceania setelah pasangan Jessy Rompies/Aldila Sutjiadi meraih kemenangan pada partai penentuan. Keduanya sukses mengalahkan Nudnida Luangnam/Peangtarn Plipuech dua set langsung dengan 6-2, 7-6 tie break 7-3.

“Kita tentu bangga dengan apa yang dicapai. Mempertahankan lebih sulit daripada meraih. Kita harapkan kemarin bisa menang lawan Korea Selatan, tapi memang sulit. Tapi bisa bertahan di Grup I itu sudah merupakan sebuah prestasi,” kata Rildo.

Baca Juga: Pasangan Ardila/Arianne Raih Gelar Juara di Widya Chandra International Tennis 2018

Hasil ini membuat Tim Fed Cup Indonesia sukses mengulangi pencapaian 2009 silam. Saat itu, Tim Indonesia yang diperkuat Sandy Gumulya dan kawan-kawan mampu memastikan diri bertahan di Grup I zona Asia/Oceania untuk musim berikutnya.

Sayangnya, di tahun 2010, Tim Fed Cup Indonesia menelan kekalahan 0-3 dari Uzbekistan pada babak playoff. Akibatnya, skuat Merah Putih harus rela turun ke Grup II Zona Asia/Oceania pada 2011.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: