Forgot Password Register

Wakil Ketua DPR Minta Polisi Lebih Waspadai Napi Terorisme

Napi Terorisme (Foto: Istimewa) Napi Terorisme (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan meminta Polri memberikan pengamanan ekstra maksimum kepada napi tindak pidana terorisme usai terjadinya kerusuhan di Rutan Cabang Salemba di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Jika melihat kerusuhan ini, perlu ada evaluasi khususnya pengamanan kepada napi teroris. Evaluasi ini khususnya menutup kesempatan agar napi itu merebut senjata aparat yang bertugas, atau bahkan merakit bom," kata Taufik di Jakarta, Kamis, 10 Mei 2018.

Baca juga: Kapolri Beberkan Skema Penanganan Kerusuhan Rutan di Mako Brimob

Taufik menilai napi yang berhasil merebut senjata, menyandera petugas, dan merakit bom, menunjukkan bahwa sistem pengamanan rutan tersebut bisa dijebol.

"Namun harus diselidiki mengenai integritas aparat itu, apakah ada upaya memberikan peluang kepada para napi untuk memasukkan barang-barang yang seharusnya tidak diperbolehkan berada di rutan atau lapas," ujarnya.

Hal itu menurut dia menjadi pertanyaan juga dari mana napi itu memiliki senjata tajam, apakah barang-barang itu bisa diselundupkan kepada napi, dengan adanya bantuan dari petugas.

Karena itu dia menilai harus diselidiki, dan menjadi pelajaran, agar ke depannya tidak terjadi lagi.

"Selain itu saya sangat prihatin dan menyampaikan duka cita mendalam bagi semua anggota Brimob yang tewas dalam kerusuhan di Rutan Cabang Salemba pada Selasa malam," katanya.

Baca juga: Karangan Bunga Berjejer di Depan Mako Brimob

Di sisi lain, politisi PAN itu mengaku mengapresiasi langkah Polri yang bisa menyelesaikan kerusuhan itu, kendati harus jatuh korban.

Untuk itu dia meminta kepada Polri untuk mengevaluasi sistem pengamanan narapidana teroris, Menurutnya, Polri bisa memberlakukan pengamanan ekstra maksimum kepada napi teroris.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More