Forgot Password Register

Wanita 30 Tahun dan Produktifitas Finansial

Uang Rupiah. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Uang Rupiah. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Wanita sering dihadapkan pada pilihan-pilihan melepas pekerjaan. Entah karena alasan pendidikan, pernikahan, komitmen menjadi ibu rumah tangga atau juga faktor usia. Sebagian besar bisa disebut mulai merasakan pertimbangan-pertimbangan ini mulai usia 30 tahun.

Tapi santai, wanita yang masih produktif tak perlu khawatir. Karena, belum terlambat untuk menyiapkan kemandirian finansial untuk masa depan.

Perencana Keuangan Prita Gozhie mengatakan, salah satu yang harus disiapkan yakni menyimpan dana untuk keperluan darurat. "Harus punya dana darurat (yang digunakan) untuk diri sendiri dan keluarga," ujarnya saat dihubungi Pantau.com, Selasa (13/3/2018).

Baca juga: Catat Nih Tips Berinvestasi untuk Generasi Millennials

Selain itu menurutnya, hal lainnya yang harus dilakukan yakni berinvestasi. Untuk memulainya meski lazimnya perempuan lebih suka berinvestasi dengan resiko yang kecil. Ia menyarankan lebih baik juga mencoba Investasi di pasar modal.

"Harus punya aset investasi yang kelak memberikan penghasilan pasif. Sebenarnya perempuan punya kecenderungan tidak berani ambil risiko tinggi. Sehingga, alternatif yang disukai sebatas deposito dan emas. Namun, saya sarankan untuk tujuan yang lebih jangka panjang untuk mau mencoba investasi di pasar modal seperti obligasi dan saham, mau pun yang berbentuk reksadana," paparnya.

Prita menambahkan, perisapan lainnya yang harus dilakukan yakni menyiapkan dana kesehatan. Salah satunya yakni dengan memiliki asuransi kesehatan. "Harus punya jaminan kesehatan dalam bantuk BPJS kesehatan dan asuransi kesehatan," jelasnya.

Baca juga: Rupiah Melemah, Yuk Cek Keuntungan dan Kerugiannya

Share :
Komentar :

Terkait

Read More