Forgot Password Register

Waspada, 3 Tanda Ini Tunjukkan Dia Sedang Berbohong

Ilustrasi orang berbohong (Foto: Shutterstock) Ilustrasi orang berbohong (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Sering kali orang jadi korban kebohongan lantaran tidak mengenal tanda-tanda jika sedang dibohongi, padahal tanda itu sudah dapat dilihat.

Sebagaimana penuturan Psikolog Liza M Djaprie, setidaknya ada tiga tanda yang terlihat jika seseorang sedang mencoba berbohong.

"Biasanya berbohong karena untuk menutupi antara kekurangannya atau dia takut dimarahi, awalnya gara-gara itu tuh, 'daripada aku dimarahin lebih baik aku bohongin saja'. Saat dia dapat hasil positif dari berbohong, ya akhirnya nanti diterusin lagi," ungkap Liza di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (4/10/2018)

1. Omongan berbeda-beda

Orang yang berbohong biasanya akan cenderung inkonsisten atau tidak konsisten saat berbicara. Contohnya jika di awal ia mengatakan sedang berada di barat, di waktu berikutnya ia bisa memberitahu  berada di selatan.

Baca juga: 5 Kebohongan yang Harus Dilakukan Pada Pasangan

2. Tak berani melakukan tatap mata

Biasanya faktor merasa bersalah telah berbohong akan sangat kuat, sehingga seorang pembohong tidak berani untuk menatap mata si lawan bicara lantaran takut ketahuan kebohongannya akan terbongkar.

Baca juga: Jangan Tanyakan Hal Ini, Jika Peduli Kesehatan Mental Teman Kamu

3. Ditemukan bukti yang tak sesuai

'Sepintar-pintarnya bangkai ditutupi, baunya akan tercium juga', ungkapan ini amat cocok lantaran biasanya lingkungan sekitar akan jujur. Sehingga jika suatu kebohongan terjadi, bukti-bukti fakta sebenarnya akan muncul, baik jika dicari ataupun datang dengan sendirinya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More