Pantau Flash
Dilarikan ke Puskesmas! Puluhan Warga Alami Luka Bakar Akibat Awan Panas Gunung Semeru
Jembatan Penghubung Lumajang-Malang Putus Diterjang Lahar Dingin Gunung Semeru!
Polri Sosialisasikan Pengangkatan 57 Eks Pegawai KPK Pekan Depan
Gunung Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Perintahkan Segera Evakuasi Warga
Gunung Semeru Erupsi, Warga Diperingatkan untuk Selamatkan Diri

5 Tips Hemat Berbelanja untuk Ibu Rumah Tangga

5 Tips Hemat Berbelanja untuk Ibu Rumah Tangga Ilustrasi keuangan (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ibu memiliki peran penting dalam sebuah rumah tangga. Tugasnya sangatlah kompleks, mulai dari mengurusi anak, suami, dapur, dan juga keuangan keluarga.

Nah untuk yang terakhir ini, terkadang seorang ibu rumah tangga kurang maksimal dalam mengatur keuangan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan pola hidup membuat ibu rumah tangga harus lebih ekstra membagi dan mencatat kebutuhan sesuai dengan jumlah uang yang ada.

Dikutip dari Halomoney, berikut beberapa tips untuk ibu rumah tangga agar dapat hemat dalam berbelanja:

Baca juga: Penelitian: Tak Butuh Waktu Lama untuk Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

1. Menyusun Anggaran Keuangan

Biasakan mencatat jumlah pendapatan dan pengeluaran yang dikeluarkan. Lebih bagus lagi jika semua rencana pendapatan dan pengeluaran telah dibagi sebelum menerima uang. Alokasikan anggaran sesuai peruntukan dan berusahalah disiplin menjalankannya. Dengan menyusun perencanaan anggaran ini, akan sangat membantu ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga dengan optimal.

2. Membawa Daftar Belanja

Jadwalkan waktu untuk belanja kebutuhan keluarga secara terencana, dan yang terpenting adalah selalu membawa daftar belanjaan yang ingin dibeli. Misalnya, belanja bulanan setiap satu bulan sekali. Belanja kebutuhan bahan makanan yang segar sepekan sekali. Lalu, belanja kebutuhan sandang atau fashion cukup dua bulan sekali. Belanja yang terlalu sering dan impulsif hanya akan membuat boros.

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

3. Memanfaatkan Promo Mingguan

Kebanyakan supermarket atau hypermarket menggelar promo setiap hari Jumat menjelang akhir pekan, yang ibu rumah tangga manfaatkan sebaik-baiknya. Barang yang biasa dipromosikan juga sebagian besar berupa barang kebutuhan rutin rumah tangga mulai dari minyak goreng, gula, sampai sabun dan shampo.

Baca juga: Duh Deg-degan Nih, Efek Sedang Jatuh Cinta atau Penyakit Jantung Ya?

4. Melakukan Survei Harga Sebelum Berbelanja


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Jangan lupa untuk menyurvei harga barang yang ingin dibeli minimal di tiga toko berbeda. Manfaatkan internet untuk meriset harga barang yang hendak kamu beli untuk mendapatkan tawaran terbaik.

5. Mengoptimalkan Pemakaian Kartu Kredit

Jika memiliki kartu kredit, optimalkan penggunaannya untuk membantu menghemat belanja rumah tangga. Beberapa produk kartu kredit banyak memberikan promo menarik bagi mereka yang sering berbelanja kebutuhan keluarga secara rutin. Promo bisa berupa diskon harga, voucher sampai berupa poin rewards. 

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: