Pantau Flash
Antonio Banderas Umumkan Positif COVID-19 di Hari Ulang Tahunnya
Pemerintah Perpanjang Stimulus Keringanan Listrik hingga Akhir Tahun
Rusia Jadi Negara Pertama di Dunia yang Setujui Vaksin COVID-19
Menteri Budi: Masa Pandemi Ancam Kebangkrutan Industri Penerbangan
Pemotongan Sapi 'Tidak Manusiawi' di Aceh Disorot Media Asing

AS Resesi! Ekonomi Anjlok 32 Persen Terburuk Sepanjang Sejarah

Headline
AS Resesi! Ekonomi Anjlok 32 Persen Terburuk Sepanjang Sejarah Ilustrasi (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Amerika Serikat (AS) mengalami pertumbuhan ekonomi minus hingga 32,9% pada kuartal II-2020. Praktis ini menjadi pertumbuhan ekonomi terburuk akibat pandemi COVID-19.

"Ekonomi pada kuartal II menjadi sorotan karena ini merupakan lubang yang sangat dalam untuk ke luar dari sana. Itu akan memakan waktu lama," ujar Kepala Ekonom Moody's Analytics Mark Zandi, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (31/7/2020).

Baca juga: Korea Selatan Resesi, Indef: Indonesia Diuntungkan

Dengan pertumbuhan ekonomi yang kembali minus, Negeri Paman Sam itu pun mengalami resesi. Dimana pada kuartal I, ekonomi turun sebesar 5 persen.

Kontraksi terlihat dari konsumsi masyarakat, ekspor hingga investasi. Konsumsi turun hingga 25 persen, kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi menyumbang sekira dua pertiga dari semua aktivitas di AS.

Baca juga: Khawatir Ancaman Resesi, Rupiah Melemah Rp14.610 per USD

Dari sisi investasi juga mengalami penurunan, seperti dari sektor automotif hingga properti terkena dampak pandemi COVID-19. Barang-barang seperti pakaian dan alas kaki juga mengalami penurunan.

Pertumbuhan ekonomi akibat COVID-19 menjadi yang terparah. Dimana kuartal terburuk sebenarnya terjadi pada krisis keuangan 2008 dengan penurunan hingga 8,5 persen. Kemudian pada 1958, ekonomi AS juga turun hingga 10% dan terburuk sepanjang sejarah terjadi pada kuartal II-1921.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: